Nurwati, Retno and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si (2015) Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Media Pembelajaran Dosen Terhadap Prestasi Akuntansi Sektor Publik Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (233kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (351kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAb IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (442kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (96kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (713kB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PENRNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (579kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi sektor publik, 2) Pengaruh media pembelajaran dosen terhadap prestasi belajar akuntansi sektor publik, 3) Pengaruh kemandirian belajar dan media pembelajaran dosen terhadap prestasi belajar akuntansi sektor publik. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif asosiatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FKIP Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2013 yang berjumlah 184 mahasiswa dengan sampel 119 mahasiwa yang diambil dengan teknik simple Random Sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui metode angket dan metode dokumentasi. Sebelumnya dilakukan penelitian. Angket telah diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, Sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 7,668+ 0,645 + 0,664 yang artinya prestasi belajar akuntansi sektor publik dipengaruhi oleh kemandirian belajar dan media pembelajaran dosen. Kesimpulan yang diperoleh adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi sektor publik pada mahasiswa pendidikan akuntansi UMS angakatan 2013. Berdasarkan uji t diperoleh > yaitu 3,822>1,981 (α=5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000. 2) Ada pengaruh yang signifikan Media pembelajaran dosen terhadap prestasi belajar akuntansi sektor publik pada mahasiswa pendidikan akuntansi UMS angkatan 2013. Berdasarkan uji t diperoleh diperoleh > yaitu 3,635 > 1,981 (α=5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000. 3) Ada pengaruh yang signifikan kemandirian belajar dan media pembelajaran dosen terhadap prestasi belajar akuntansi sektor publik pada mahasiswa pendidikan akuntansi UMS angkatan 2013. Berdasarkan hasil uji F diperoleh > yaitu 29,202 > 3,074 pada taraf signifikansi 5%. 4) variabel memberikan sumbangan relatif sebesar 50,9% dan sumbangan efektif sebesar 25,9%, variabel memberikan sumbangan relatif sebesar 7% dan sumbangan efektif sebesar 7,6%. 5) Hasil perhitungan diperoleh 0,335, berarti 33,5% prestasi belajar akuntansi sektor publik dipengaruhi oleh kemandirian belajar dan media pembelajaran dosen, sisanya sebesar 66,5% dipengaruhi variabel di luar penelitian.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian belajar, media pembelajaran dosen, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 11 Nov 2015 05:28 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 04:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39372 |
Actions (login required)
View Item |