Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Media Pembelajaran Dosen Terhadap Prestasi Akuntansi Sektor Publik Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2013

Nurwati, Retno and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si (2015) Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Media Pembelajaran Dosen Terhadap Prestasi Akuntansi Sektor Publik Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (351kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (481kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAb IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (713kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PENRNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi sektor publik, 2) Pengaruh media pembelajaran dosen terhadap prestasi belajar akuntansi sektor publik, 3) Pengaruh kemandirian belajar dan media pembelajaran dosen terhadap prestasi belajar akuntansi sektor publik. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif asosiatif yang kesimpulannya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FKIP Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta angkatan 2013 yang berjumlah 184 mahasiswa dengan sampel 119 mahasiwa yang diambil dengan teknik simple Random Sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui metode angket dan metode dokumentasi. Sebelumnya dilakukan penelitian. Angket telah diujicobakan dan diuji validitas serta diuji reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, Sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi: Y = 7,668+ 0,645 + 0,664 yang artinya prestasi belajar akuntansi sektor publik dipengaruhi oleh kemandirian belajar dan media pembelajaran dosen. Kesimpulan yang diperoleh adalah: 1) Ada pengaruh yang signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi sektor publik pada mahasiswa pendidikan akuntansi UMS angakatan 2013. Berdasarkan uji t diperoleh > yaitu 3,822>1,981 (α=5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000. 2) Ada pengaruh yang signifikan Media pembelajaran dosen terhadap prestasi belajar akuntansi sektor publik pada mahasiswa pendidikan akuntansi UMS angkatan 2013. Berdasarkan uji t diperoleh diperoleh > yaitu 3,635 > 1,981 (α=5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000. 3) Ada pengaruh yang signifikan kemandirian belajar dan media pembelajaran dosen terhadap prestasi belajar akuntansi sektor publik pada mahasiswa pendidikan akuntansi UMS angkatan 2013. Berdasarkan hasil uji F diperoleh > yaitu 29,202 > 3,074 pada taraf signifikansi 5%. 4) variabel memberikan sumbangan relatif sebesar 50,9% dan sumbangan efektif sebesar 25,9%, variabel memberikan sumbangan relatif sebesar 7% dan sumbangan efektif sebesar 7,6%. 5) Hasil perhitungan diperoleh 0,335, berarti 33,5% prestasi belajar akuntansi sektor publik dipengaruhi oleh kemandirian belajar dan media pembelajaran dosen, sisanya sebesar 66,5% dipengaruhi variabel di luar penelitian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemandirian belajar, media pembelajaran dosen, prestasi belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 11 Nov 2015 05:28
Last Modified: 12 Oct 2021 04:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39372

Actions (login required)

View Item View Item