Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Pengoperasian Penjumlahan Dan Pengurangan Dengan Bantuan Benda Kongkret Di SD Negeri Sidomukti 01 Kelas 1 Tahun Pelajaran 2014/2015

Purwaningtyas, Dewi and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2015) Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Pengoperasian Penjumlahan Dan Pengurangan Dengan Bantuan Benda Kongkret Di SD Negeri Sidomukti 01 Kelas 1 Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (247kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (457kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
pernyataan publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi pentingnya siswa belajar secara menyenangkan di dalam kelas.Kurangnya media pembelajaran yang digunakan guru dalam kegiatan belajar mengajar menyebabkan turunnya minat siswa dan akan menghambat prestasi atau hasil belajar siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa kelas 1 SD Negeri Sidomukti 01 dalam mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan dengan menggunakan benda konkrit,serta apakah penggunaan alat peraga benda konkrit kemampuan siswa dalam operasi penjumlahan dan pengurangan dapat meningkat. Penelitian ini telah dilaksanakan pada bulan Maret 2015 di SD Negeri Sidomukti 01 Margoyoso.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode ini dilakukan melalui 4 tahapan , yakni perencanaan, pelaksanaan , pengamatan dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi guru dan siswa, instrumen tes, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata – rata hasil tes kemampuan siswa dalam penjumlahan dan pengurangan di akhir siklus 1 adalah 65, kemudian meningkat menjadi 75 di akhir siklus II. Sedangkan persentase aktivitas guru juga mengalami peningkatan yakni dari siklus I 75 % ,dan siklus II menjadi 87 %, di samping itu aktivitas siswa juga turut meningkat dari 74,86 % menjadi 77,5 % . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan dengan alat peraga benda konkrit dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam pengoperasian penjumlahan dan pengurangan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan siswa, operasi penjumlahan dan pengurangan, alat peraga,benda konkrit
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Setiawan Setiawan BL
Date Deposited: 09 Nov 2015 08:09
Last Modified: 11 Oct 2021 01:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39327

Actions (login required)

View Item View Item