Tragedi Kemanusiaan Dalam Foto Jurnalistik(Analisis Semiotik Representasi Tragedi Kemanusian Dalam Foto Jurnalistik Agresi Militer Izrael di Jalur Gaza pada Surat Kabar Harian Republika Edisi 17 November 2012 sampai 24 November 2012)

Cahyono, Benny Indra and , Budi Santoso, S.Sos, M.Si and , Yanti Haryanti, M. A. (2015) Tragedi Kemanusiaan Dalam Foto Jurnalistik(Analisis Semiotik Representasi Tragedi Kemanusian Dalam Foto Jurnalistik Agresi Militer Izrael di Jalur Gaza pada Surat Kabar Harian Republika Edisi 17 November 2012 sampai 24 November 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02.NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (141kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
03.HALAMAN DEPAN.pdf

Download (191kB)
[img] PDF (BAB I)
04.BAB I.pdf

Download (78kB)
[img] PDF (BAB II)
05.BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (BAB III)
06.BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB IV)
07.BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
08.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
09..LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAN)
01.SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)

Abstract

Benny Indra Cahyono, L100090026, Tragedi Kemanusiaan Dalam Foto Jurnalistik (Analisis Semiotik Representasi Tragedi Kemanusian Dalam Foto Jurnalistik Agresi Militer Izrael di Jalur Gaza pada Surat Kabar Harian Republika Edisi 17 November 2012 sampai 24 November 2012), Skripsi, Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Komunikasi & Informatika, Universitas Muhammadyah Surakarta, 2015. Konflik-konflik yang terjadi antara Israel dengan Palestina berlangsung selama bertahun-tahun dan telah memakan korban yang tidak sedikit. Akibat dari agresi militer Israel di Jalur Gaza, menyebabkan banyak para wanita dan anak-anak yang tak bersalah ikut menjadi korban, bahkan para tentara Israel melakukan blokade terhadap Palestina, dimana bantuan-bantuan berupa makanan, obat-obatan dan peralatan medis yang berasal dari negara lain tidak diperbolehkan memasuki wilayah Palestina, hal ini merupakan lonceng tanda bahaya akan terjadinya tragedi kemanusiaan yang memilukan di Palestina. Penelitian ini bertujuan ntuk mengetahui bagaimana representasi makna simbol-simbol yang terdapat dalam foto jurnalistik tragedi kemanusiaan agresi militer Izrael di Jalur Gaza pada Surat Kabar Harian Republika Edisi 17 November 2012 sampai 24 November 2012. Penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif dengan menggunakan metode analisis semiotika sebagai alat yang digunakan untuk meneliti data-data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis semiotika teori segitiga makna Charles Sanders Peirce. Berdasarkan analisa semiotika model Peirce yang dilakukan pada rangkaian foto headline Harian Republika edisi 17-24 September 2012, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa foto-foto tersebut memiliki makna tersembunyi dari sudut pandang foto jurnalistik seperti yang dipaparkan sebagai berikut. Surat kabar harian Republika ingin menunjukan atau menyampaikan pesan kepada khalayak bahwa, efek atau akibat yang ditimbulkan dari serangan sangat besar, besarnya serangan yang dilancarkan, anak-anak menjadi korban yang tak bersalah, besarnya kekuatan militer Israel yang digunakan untuk melancarkan serangan ke Palestina, kemenangan warga Palestina atas kesepakatan gencatan senjata, ketidakseimbangan kekuatan militer Palestina seperti yang dimiliki Israel.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Foto Jurnalistik, Analisis Semiotika, Harian Republika
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Unnamed user with username l100090026
Date Deposited: 04 Nov 2015 05:30
Last Modified: 13 Oct 2021 06:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39032

Actions (login required)

View Item View Item