Pengaruh Pembacaan Dan Pemaknaan Ayat-Ayat Al-Qur’an Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Santriwati Aliyah Di Pondok Pesantren Ar Rohmah Ngawi

Mar'ati, Rela and , Dr. Nisa Rachmah N.A., M.Si, Psi and , Wisnu Sri Hertinjung, S.Psi, M.Psi, Psi (2014) Pengaruh Pembacaan Dan Pemaknaan Ayat-Ayat Al-Qur’an Terhadap Penurunan Kecemasan Pada Santriwati Aliyah Di Pondok Pesantren Ar Rohmah Ngawi. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (336kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (57kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (625kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
surat pernyataan publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)

Abstract

Setiap orang pernah mengalami cemas pada saat-saat tertentu dalam hidupnya. Namun jika kecemasan ini berlebihan dan dibiarkan saja tanpa ada penanganan yang tepat maka akan menjadi perilaku yang maladaptif yang merugikan dan menurunkan kualitas hidup. Hasil skala TMAS dan angket permasalahan santriwati di pondok pesantren menunjukkan 80 dari 88 santriwati Aliyah mengalami kecemasan tingkat berat dan sedang dengan 94% memiliki afeksi khawatir, tertekan, dan sedih. Hasil wawancara menunjukkan permasalahan yang menyebabkan kecemasan pada santriwati meliputi permasalahan intrapersonal seperti masalah tentang konsep diri dan sakit fisik. Masalah interpersonal seperti konflik dengan orang tua, konflik dengan sesama santriwati, dan masalah ekonomi. Psikoterapi religius sangat bermanfaat jika bersinggungan dengan perasaan khawatir, takut, bimbang, dan putus asa. Salah satu psikoterapi religius dalam agama islam adalah pembacaan dan pemaknaan ayat Al-qur’an karena di dalam ayat-ayatnya mengandung konsep tentang dinamika kejiwaan manusia yang dapat dijadikan dasar acuan psikoterapi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh pembacaan dan pemaknaan ayat-ayat Al-Qur’an terhadap penurunan kecemasan santriwati Aliyah Pondok Pesantren Ar Rohmah. Hipotesis yang diajukan adalah pembacaan dan pemaknaan ayat-ayat Al- Qur’an dapat menurunkan tingkat kecemasan santriwati Aliyah Pondok Pesantren Ar-rohmah Ngawi. Jumlah subjek dalam penelitian ini 80 santriwati dengan tehnik purposive sampling. Metode penelitian menggunakan eksperimen dengan rancangan pretest-posttes control group design. Berdasarkan hasil uji Mann u whitney dan Wilcoxon untuk pretest, posttest, dan follow up kelompok eksperimen dan kontrol diperoleh kesimpulan bahwapembacan dan pemaknaan ayat-ayat Al-Qur’an signifikan untuk menurunkan tingkat kecemasan santriwati Aliyah Pondok Pesantren Ar Rohmah Ngawi.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pembacaan dan pemaknaan ayat-ayat Al-qur’an, kecemasan, santriwati Aliyah Pondok Pesantren
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Sains Psikologi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 04 Nov 2015 01:24
Last Modified: 19 Oct 2021 19:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/39003

Actions (login required)

View Item View Item