ISTIQOMAH , ISTIQOMAH (2009) UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN EKONOMI DENGAN STRATEGI PEMBERIAN TUGAS DAN LATIHAN ( DRILL) SISWA KELAS III PROGRAM KEAHLIAN PENJUALAN SMK PEMBANGUNAN DELANGGU TAHUN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A210070150.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
|
PDF
A210070150.pdf Download (30kB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas adalah untuk meningkatkan kualitas pembalajaran .Utamanya adalah untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa dengan menggunakan strategi pemberian tugas dan latihan akanlebih efektif dari metode ceramah disertai dengan pemberian tugas dalam meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas III program keahlian penjualan SMK Pembangunan Delanggu, Kabupaten Klaten tahun ajaran 2008/2009. Penelitian ini adalah menggunakan subyek dan sumber data siswa kelas III Program Keahlian Penjualan SMK Pembangunan Delanggu, Kabupaten Klaten tahun ajaran 2008/2009, dengan kelas yang berjumlah 31 siswa. Metode penelitian yang dipakai adalah Alur dari Kemis dan Toggart (1988:123) dengan model siklus, setiap siklus ada empat tahapan kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi-evaluasi.Intrumen observasi untuk nilai perilaku belajar siswa menggunakan indikator belajar sebagai berikut : (1). Keaktifan mencari ilmu pengetahuan. (2).Tingkat kepercayaan diri. (3).Tingkat sikap belajar secara terencana.(4). Tingkat kekritisan dalam belajar. Berdasarkan temuan hasil analisa,maka dapat disimpulkan bahwa “Setrategi pemberian tugas dan latihan dengan belajar konsep sebagai pelengkap lebih efektif dari pada metode konvensional, ceramah disertai pemberian tugas dalam meningkatkan kuwalitas prestasi belajar mata pelajaran ekonomi siswa kelas III Program Keahlian Penjualan SMK Pembangunan Delanggu,Kabupaten Klaten,karena pemberian tugas dan latihan dapat meningkatkan kemandirian siswa secara signifikan, pembelajaran kontektual dengan strategi peta konsep berdampak positif terhadap perilaku guru yang tidak lagi menjadi satu – satunya sumber belajar.Suasana kelas menjadi aktif dan konduktif, perilaku siswa dalam pembelajaran menunjukan adanya perubahan signifikan dan situasi kelas menjadi lebih hidup dan tidak membosankan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas belajar, kreatifitas siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 31 Jul 2009 05:51 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 10:10 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3896 |
Actions (login required)
View Item |