Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menggunakan Fasilitas Pembiayaan Pada Bank Syariah Di Kota Jayapura Provinsi Papua

Iqbal Alkatiry, Muhammad and -, Muhammad Muhtarom, SH. MH and -, Dr. Mu’inudinillah Basri, M.Ag (2015) Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Menggunakan Fasilitas Pembiayaan Pada Bank Syariah Di Kota Jayapura Provinsi Papua. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (632kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)

Abstract

Provinsi Papua yang terdiri dari bermacam-macam suku,kebudayaan, dan agama yang berbeda hidup dalam suatu komunitas yang membutuhkan antara satu dengan yang lainnya. Mayoritas penduduk asli yang dominan beragama kristen sangat mempunyai peran yang strategis disemua lini pemerintah maupun swasta. Walaupun demikian di beberapa daerah di Provinsi Papua, agama Islam dipeluk oleh masyarakat asli setempat seperti di Kabupaten Fakfak, Kabupaten Sorong Raja Ampat, Kabupaten Teluk Bintuni dan Kabupaten Wamena (kebanyakan mualaf). Keberadaan Perbankan diPapua sampai dengan tahun 2006 masih dikuasai oleh perbankan yang dikelola secara konvensional. Setelah itu sekitar Tahun 2007 dan 2008 muncul Bank Syariah yang pertama yaitu Bank Muamalat (2007) dan disusul Bank Syariah yang kedua adalah Bank Syariah Mandiri (2008). Keberadaan Bank Syariah di Kota Jayapura Provinsi Papua yang pada saat pertama kalinya tidak mendapat respon yang baik dari petinggi agama non-muslim karena dinilai berbau sara’ karena mempunyai istilah Perbankan Syariah yang berasal dari bahasa arab. Tantangan tersebut sedikit demi sedikit dapat dihilangkan karena terbukti dapat meyakinkan kepada mereka bahwa sebenarnya misi perbankan syariah juga dapat bertindak sebagai agen development bagi masyarakat Perbedaan-perbedaan menjadi alasan untuk debitur pindah kepada bank syariah. Hal ini terbukti dengan meningkatnya Debitur, Aset Bank, dan bertambahnya jaringan kantor dari tahun ke tahun dan bahkan masyarakat dengan agama nonmuslim banyak menjadi nasabah dana dan debitur kredit sehingga kemudian menimbulkan jawaban bukan pertanyaan, yakni bahwa kota bahkan negara sekalipun yang mayoritas beragama non-muslim dapat menerima bank syariah sebagai mitra bisnis tanpa harus memperdulikan istilah yang digunakan walau itu melekat sekalipun dalam konteks agama Islam. Untuk itulah perlu diteliti faktor-faktor apa sajakah yang mendukung keberhasilan pembiayaan Bank Syariah kepada masyarakat di Kota Jayapura Provinsi Papua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nasabah, Bank Syariah, Kota Jayapura, Papua
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Ekonomi Syariah (HES)
Depositing User: Unnamed user with username i000103001
Date Deposited: 03 Nov 2015 07:48
Last Modified: 30 Nov 2022 04:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38909

Actions (login required)

View Item View Item