Analisis Penentuan Tindakan Perawatan Mesin Yang Optimal Pada Mesin/Alat Berat Kritis Dengan Metode Reliability Centered Maintenance Di PT. Daya Kharisma

HUDA, Septrian Hilda Nur and , Ahmad Kholid Al Ghofari, S.T., M.T. and , Much. Djunaidi, S.T., M.T. (2015) Analisis Penentuan Tindakan Perawatan Mesin Yang Optimal Pada Mesin/Alat Berat Kritis Dengan Metode Reliability Centered Maintenance Di PT. Daya Kharisma. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (651kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. Daftar Pustaka.pdf

Download (209kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf

Download (919kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (407kB)

Abstract

Kebutuhan akan nilai produktivitas mesin yang tinggi menjadi sebuah tuntutan perusahaan. PT. Daya Kharisma memiliki salah satu kendala atau permasalahan, yaitu pada proses operasi. Walaupun sebagian mesin-mesin yang digunakan sudah terbilang baru, tetapi juga ada mesin yang dapat dikategorikan sebagai mesin tua yang masih digunakan ketika proses operasi. Objek penelitian adalah alat berat PC 200-06 (Exc. 03) karena merupakan alat berat tertua dan paling rentan mengalami kerusakan. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa RCM dan melakukan analisa perbaikan. Kegiatan awal penelitian ini adalah pemilihan sistem dan pengumpulan informasi yang kemudian dilanjutkan definisi batas system, selanjutnya mendeskripsikan sistem dan diagram blok fungsional dari objek, tahap selanjutnya menganalisa dengan metode FMEA, LTA hingga didapatkan tindakan perawatan dari Task Selection, selanjutnya membuat usulan perbaikan dari hasil analisa. Hasil dari penelitian ini adalah didapatkan batasan sistem hanya pada satu objek PC 200-06 (Exc. 03). Analisa perbaikan menggunakan FMEA dan LTA yang menghasilkan failure mode dengan nilai RPN sebesar 76% kumulatif yaitu Injector (56) kategori A, Mesin (56) kategori A, Dinamo Starter (48) kategori B, Selang Hidrolik (48) kategori B, Swing (48) kategori B, Arm (32) kategori B, Control Valve (32) kategori B, Handle Arm (32) kategori B, Hidrolik Bucket (32) kategori B, Pompa Engine (32) kategori B. Analisis Task selection menghasilkan Injector dan Mesin didapatkan tindakan perawatan Condition Based Maintenance (CBM). Dan untuk Dinamo Starter, Selang Hidrolik, Swing, Arm, Control Valve, Handle Arm, Hidrolik Bucket, Pompa Engine didapatkan tindakan perawatan Preventive/Time Directed Maintenance.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: RCM, FMEA, LTA, Task selection.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 03 Nov 2015 02:44
Last Modified: 08 Oct 2021 01:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38895

Actions (login required)

View Item View Item