, Sriyono and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Dr. Samino, M.M. (2014) Pengelolaan Pembelajaran Teknik Otomotif di SMK Muhammadiyah 6 Gemolong. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf Download (447kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (61kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (143kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (278kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (59kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PUBLIKASI KARYA ILMIAH.PDF Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan pembelajaran mata pelajaran teknik otomotif di SMK Muhammadiyah 6 Gemolong.Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk: (1) Mendeskripsikan ciri-ciri perencanaan pembelajaran mata pelajaran teknik otomotif. (2) Menganalisis ciriciri pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran teknik otomotif. (3) Menganalisis ciriciri evaluasi pembelajaran mata pelajaran teknik otomotif. Jenis penelitian ini menggunakan bentuk penelitian kualitatif dan dengan menggunakan desain penelitian etnografi. Lokasi penelitian ini adalah di SMK Muhammadiyah 6 Gemolong. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode interview atau wawancara, metode observasi berpartisipasi, dan metode dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui tiga tahapan yaitu meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Kesimpulan penelitian adalah (1) Perencanaan pembelajaran otomotif meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), disusun oleh guru otomotif dalam kegiatan MGMP dengan berprinsip pada memperhatikan perbedaan individu peserta didik, mendorong partisipasi aktif peserta didik, mengembangkan budaya membaca dan menulis, memberikan umpan balik dan tindak lanjut, keterkaitan dan keterpaduan, dan menerapkan teknologi informasi dan komunikasi. Perencanaan pembelajaran teknik otomotif disusun untuk setiap KD yang dapat dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. (2) Pembelajaran teknik otomotif merupakan kegiatan mengimplementasikan perencanaan pembelajaran dalam kegiatan pembelajaran teori dan pembelajaran praktik yang diampu oleh guru otonotif. Pada pembelajaran teknik otomotif guru menggunakan strategi pembelajaran interaktif dengan menerapkan metode Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi dalam pembelajaran teori maupun praktik. (3) Evaluasi pembelajaran teknik otomotif dilaksanakan oleh guru untuk mengukur pengetahuan dan ketrampilan teknik otomitif melalui tes dan non tes. Penilaian hasil belajar dilaksanakan secara sistematik ke dalam sebuah nilai/kriteria berdasarkan data faktual dengan kreteria ketuntasan minimal (KKM) adalah 7,5. Aspek penilaian praktik teknik otomotif meliputi: kecepatan dalam menyelesaikan praktik, kecekatan, ketepatan sistematika, kegairahan, disiplin, keselamatan kerja, ketelitian, keapikan, dan keragaman. Skor untuk kompetensi siswa, dikelompokkan dalam lima kelompok yaitu: ketrampilan pokok, ketrampilan tambahan, sikap kerja, pengetahuan yang diperoleh, dan ketepatan waktu
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perencanaan; pelaksanaan; evaluasi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mulyadi Mulyadi |
Date Deposited: | 02 Nov 2015 11:41 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 02:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38868 |
Actions (login required)
View Item |