Sholeha, Hidayatus and , Dra. Hariyatmi, M. Si. (2015) Identifikasi Pelaksanaan Penilaian Sikap Pada Pembelajaran Ipa Kurikulum 2013 Kelas VIII Tahun Pelajaran 2014/2015 Di SMPN Se-Kabupaten Pati. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (754kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (97kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (127kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (427kB) |
Abstract
Penilaian sikap penting dilakukan oleh guru karena dari penilaian sikap tersebut dapat diketahui konsep-konsep atau materi pokok apa saja yang berkaitan dengan sikap yang dilakukan atau diekspresikan oleh peserta didik. Pada pembelajaran, peserta didik seringkali melakukan sikap yang salah. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai penyusunan dan pelaksanaan penilaian sikap yang dilakukan guru ipa pada pembelajaran IPA kurikulum 2013 kelas VIII tahun pelajaran 2014/2015 di SMPN se-Kabupaten Pati. Metode penelitian yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif menggunakan teknik analisis data triangulasi, yaitu memadukan dan menggeneralisasikan hasil data dalam bentuk kalimat deskriptif secara terperinci dan apa adanya.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan instrumen penilaian sikap pada pembelajaran IPA kurikulum 2013 oleh Guru IPA Kelas VIII di SMPN se-Kabupaten Pati tahun ajaran 2014/2015 pada dasarnya sudah sangat baik (85,33%). Hal ini terlihat dari penyusunan penilaian diri (85,7%), penilaian antar peserta didik (87,13%), penilaian observasi (86,18%), penilaian jurnal (81,25%) sudah sangat baik. Pada pelaksanaan penilaian sikap pada pembelajaran IPA kurikulum 2013 kelas VIII tahun pelajaran 2014/2015 di SMPN se-Kabupaten Pati juga sudah sangat baik (78,88%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penyusunan dan pelaksanaan penilaian sikap pada pembelajaran IPA kurikulum 2013 oleh Guru IPA Kelas VIII di SMPN se-Kabupaten Pati tahun ajaran 2014/2015 sudah sangat baik.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | identifikasi pelaksanaan penilaian, penilaian sikap, eskritif kualitatif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 02 Nov 2015 10:11 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 15:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38857 |
Actions (login required)
View Item |