Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pt. Djitoe Indonesian Tobacco Di Surakarta

Zuliyanto, Eko and , Drs. Sudarto, M.M (2015) Pengaruh Budaya Organisasi Dan Komitmen Organisasi Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pt. Djitoe Indonesian Tobacco Di Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (183kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf

Download (295kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap motivasi kerja karyawan, pengaruh komitmen organisasi terhadap motivasi kerja karyawan, dan pengaruh budaya organisasi dan komitmen organisasi terhadap motivasi kerja karyawan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan pengujian hipotesis. Populasi penelitian adalah seluruh karyawan PT. Djitoe Tobacco di Surakarta yang berjumlah 372 orang. Sampel diambil sebanyak 182 orang karyawan. Teknik pengambilan sampel menggunakan insidental sampling terhadap karyawan yang ditemui secara kebetulan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diujicobakan terlebih dahulu dan diuji validitas serta uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda, uji t, uji F, uji R2, serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Budaya organisasi berpengaruh positif terhadap motivasi kerja karyawan PT. Djitoe Indonesian Tobacco di Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung X1 > ttabel yaitu 9,253 > 1,980 diterima pada taraf signifikansi 5%. Semakin baik penerimaan karyawan terhadap budaya organisasi yang berlaku dalam perusahaan maka semakin tinggi motivasi kerja karyawan; 2) Komitmen organisasi berpengaruh positif terhadap motivasi kerja karyawan PT. Djitoe Indonesian Tobacco di Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh thitung X2 > ttabel yaitu 13,076 > 1,980 diterima pada taraf signifikansi 5%. Semakin tinggi komitmen organisasi karyawan, maka semakin tinggi pula motivasi kerja karyawan; 3) Budaya organisasi dan komitmen organisasi berpengaruh positif terhadap motivasi kerja karyawan PT. Djitoe Indonesian Tobacco di Surakarta. Hal ini terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 213,477 > 3,07 pada taraf signifikansi 5%, dengan persamaan garis regresi: Y = 6,727 + 0,406.X1 + 0,537.X¬2. Variabel budaya organisasi memberikan sumbangan efektif 26,6%, sedangkan variabel komitmen organisasi memberikan sumbangan efektif sebesar 43,9% terhadap motivasi kerja. Jadi secara keseluruhan variabel budaya organisasi dan komitmen organisasi memberikan sumbangan sebesar 70,5% terhadap motivasi kerja, sedangkan 29,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti, misalnya suasana kerja, upah dan insentif, komunikasi dengan sesama karyawan, kerja sama dan lain-lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: budaya organisasi, komitmen organisasi, motivasi kerja
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username a210110041
Date Deposited: 02 Nov 2015 07:07
Last Modified: 12 Oct 2021 04:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38816

Actions (login required)

View Item View Item