Ikhsani, Leli Nurul and , Yudhi Satria Restu, S.E., S.Psi., M.Si. (2015) Studi Fenomenologi : Dinamika Psikologis Korban Bullying Pada Remaja. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (769kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (938kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (101kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (312kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (760kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (323kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
Surat Pernyataan Publikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (538kB) |
Abstract
Maraknya kasus-kasus kekerasan yang terjadi pada anak-anak usia sekolah saat ini sangat memprihatinkan bagi pendidik dan orangtua. Fenomena yang sering terjadi di sekolah ialah bullying. Bullying merupakan perilaku untuk menyakiti seseorang atau kelompok orang dengan berulang-ulang secara sengaja dalam bentuk kekerasan fisik, verbal dengan tujuan untuk menunjukan kekuasaan sehingga membuat orang lain merasa lemah. Tujuan penelitian ini adalah memahami dinamika psikologis korban bullying Dalam penelitian ini, informan dipilih sebanyak 3 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu berdasarkan kriteria - ktiteria yang telah ditentukan oleh peneliti. Adapun informan adalah remaja perempuan dan laki-laki berjumlah 3 orang yang memiliki rentang usia 15 – 18 tahun yang menjadi korban bullying fisik atau verbal atau psikologis. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan observasi serta dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan Bullying yang sering terjadi adalah bullying verbal dan fisik, remaja yang menjadi korban bullying disebabkan karena perilaku korban yang menonjol dari teman-teman yang lain, dan korban memiliki nilai akademik yang kurang. Dalam proses tindakan bullying, pelaku melancarkan aksinya pada korban yang pendiam serta para korban yang takut kepada pelaku. Perlakuan bullying memberikan dampak psikologis pada korban seperti timbul perasaan kesal, sedih, tidak percaya diri, tidak nyaman, tidak konsentrasi belajar dikelas. Disaat subyek mendapat dukungan sosial, subyek akan melakukan represi pikiran dengan penyangkalan bahwa yang terjadi tidaklah seburuk apa yang dipikirkan, dengan dukungan sosial inilah kemudian membantu subyek untuk mampu membantu strategi coping atas segala permasalahan yang dihadapi. Namun ketika subyek tidak mendapat dukungan sosial maka subyek akan memiliki pikiran negatif. Kata Kunci : Dinamika psikologis, korban bullying
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dinamika psikologis, korban bullying |
Subjects: | X General Subject |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Unnamed user with username f100110005 |
Date Deposited: | 02 Nov 2015 03:56 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 02:29 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38769 |
Actions (login required)
View Item |