Implementasi Kurikulum Tahun 2013 Tentang Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Studi Kasus: di Kelas X IIS 1 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015)

Nour Malasari, Intan and , Dra. Sundari, SH. M.Hum. (2015) Implementasi Kurikulum Tahun 2013 Tentang Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Studi Kasus: di Kelas X IIS 1 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
Per. PUBLIKASI-intan.pdf

Download (477kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (597kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
KUMPULAN DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (568kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Implementasi, kendala serta solusi mengenai implementasi kurikulum tahun 2013 tentang Evaluasi dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumen/arsip. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum tahun 2013 tentang Evaluasi dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan belum berjalan dengan baik, guru PPKn kelas X belum bisa melaksanakan Evaluasi dengan baik dan belum sesuai dengan indikator yang ditentukan sehingga ada beberapa kendala seperti guru masih kebinggungan dalam menentukan Evaluasi yang harus digunakan pada kurikulum tahun 2013. Keabsahan data menggunakan dua macam trianggulasi, yaitu trianggulasi sumber data dan trianggulasi teknik atau metode pengumpulan data. Penelitian menggunakan teknik analisis data model interaktif melalui proses pengumpulan data, reduksi data,penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mendiskripsikan Implementasi, kendala serta solusi mengenai implementasi kurikulum tahun 2013 tentang Evaluasi dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 berdasarkan indikator Implementasi Kurikulum Tahun 2013 tentang Evaluasi dapat dilihat bahwa Adanya lulusan yang berkualitas, produktif, kreatif, dan mandiri dan mempunyai sikap spiritual, jujur, disiplin, tanggung jawab,toleransi,percaya diri, santun dan sopan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kendala, Solusi, Kurikulum 2013, Penyusuna Evaluasi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Unnamed user with username a220100055
Date Deposited: 30 Oct 2015 06:08
Last Modified: 06 Oct 2021 13:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38591

Actions (login required)

View Item View Item