Nour Malasari, Intan and , Dra. Sundari, SH. M.Hum. (2015) Implementasi Kurikulum Tahun 2013 Tentang Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Studi Kasus: di Kelas X IIS 1 SMA Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
Per. PUBLIKASI-intan.pdf Download (477kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (597kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (198kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (508kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
KUMPULAN DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (75kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (568kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Implementasi, kendala serta solusi mengenai implementasi kurikulum tahun 2013 tentang Evaluasi dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumen/arsip. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum tahun 2013 tentang Evaluasi dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan belum berjalan dengan baik, guru PPKn kelas X belum bisa melaksanakan Evaluasi dengan baik dan belum sesuai dengan indikator yang ditentukan sehingga ada beberapa kendala seperti guru masih kebinggungan dalam menentukan Evaluasi yang harus digunakan pada kurikulum tahun 2013. Keabsahan data menggunakan dua macam trianggulasi, yaitu trianggulasi sumber data dan trianggulasi teknik atau metode pengumpulan data. Penelitian menggunakan teknik analisis data model interaktif melalui proses pengumpulan data, reduksi data,penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa mendiskripsikan Implementasi, kendala serta solusi mengenai implementasi kurikulum tahun 2013 tentang Evaluasi dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMA Batik 2 Surakarta tahun pelajaran 2014/2015 berdasarkan indikator Implementasi Kurikulum Tahun 2013 tentang Evaluasi dapat dilihat bahwa Adanya lulusan yang berkualitas, produktif, kreatif, dan mandiri dan mempunyai sikap spiritual, jujur, disiplin, tanggung jawab,toleransi,percaya diri, santun dan sopan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Kendala, Solusi, Kurikulum 2013, Penyusuna Evaluasi. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Unnamed user with username a220100055 |
Date Deposited: | 30 Oct 2015 06:08 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 13:22 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38591 |
Actions (login required)
View Item |