Aini Desy Ratnasari, Nur and , Dra. Sundari, SH.,M.Hum. (2015) Penanaman Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Studi Kasus Kelas VII di SMP Negeri 3 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (744kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (754kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (106kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (237kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (101kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VII, siswa kelas VII, dan Guru BK kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber data dan triangulasi pengumpulan data. Teknik analisis data mengunakan analisis interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi penanaman karakter disiplin pada siswa dalam proses pembelajaran PPKn, mendiskripsikan implementasi penanaman karakter tanggung jawab pada siswa dalam proses pembelajaran PPKn, mendiskripsikan kendala dalam penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab pada siswa dalam proses pembelajaran PPKn, mendiskripsikan solusi yang diambil dalam penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab pada siswa dalam proses pembelajaran PPKn kelas VII di SMP Negeri 3 Surakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menerapakan karakter disiplin siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas dengan membiasakan tepat waktu dan tidak terlambat dalam mengikuti pembelajaran di kelas, menjalankan tugas sesuai jadwal yang ditentukan oleh guru, dan memiliki kesadaran tentang tugas dan tanggung jawab siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Menerapkan karakter tanggung jawab dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas dengan mengerjakan tugas dengan baik, mengumpulkan tugas tepat waktu dan melakukan tugas dengan sepenuh hati.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | karakter, disiplin, tanggung jawab, pembelajaran, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Unnamed user with username a220110003 |
Date Deposited: | 31 Oct 2015 05:34 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 13:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38530 |
Actions (login required)
View Item |