Penanaman Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Studi Kasus Kelas VII di SMP Negeri 3 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015)

Aini Desy Ratnasari, Nur and , Dra. Sundari, SH.,M.Hum. (2015) Penanaman Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Studi Kasus Kelas VII di SMP Negeri 3 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (744kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (754kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (237kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VII, siswa kelas VII, dan Guru BK kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber data dan triangulasi pengumpulan data. Teknik analisis data mengunakan analisis interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan implementasi penanaman karakter disiplin pada siswa dalam proses pembelajaran PPKn, mendiskripsikan implementasi penanaman karakter tanggung jawab pada siswa dalam proses pembelajaran PPKn, mendiskripsikan kendala dalam penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab pada siswa dalam proses pembelajaran PPKn, mendiskripsikan solusi yang diambil dalam penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab pada siswa dalam proses pembelajaran PPKn kelas VII di SMP Negeri 3 Surakarta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menerapakan karakter disiplin siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas dengan membiasakan tepat waktu dan tidak terlambat dalam mengikuti pembelajaran di kelas, menjalankan tugas sesuai jadwal yang ditentukan oleh guru, dan memiliki kesadaran tentang tugas dan tanggung jawab siswa dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Menerapkan karakter tanggung jawab dalam proses pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di kelas dengan mengerjakan tugas dengan baik, mengumpulkan tugas tepat waktu dan melakukan tugas dengan sepenuh hati.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: karakter, disiplin, tanggung jawab, pembelajaran, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Unnamed user with username a220110003
Date Deposited: 31 Oct 2015 05:34
Last Modified: 06 Oct 2021 13:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38530

Actions (login required)

View Item View Item