Norhayati, Kurnia Sri and , Drs. Dahroni, M.Si (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Video Materi Keunggulan Tanah Di Indonesia Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII. Skripsi thesis, Universitas MUhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (424kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (2MB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (306kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Download (83kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
Abstract
Pembelajaran di perlukan media karena media merupakan suatu alat untuk menarik minat belajar siswa untuk lebih lanjut lagi dalam mempelajari IPS terpadu. Media merupakan perantara yang dapat digunakan dalam menghubungkan antara materi pelajaran dengan peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah :1) kriteria yang digunakan untuk pengembangan dengan menggunakan media pembelajaran pada peserta didik. 2) pengembangan media berupa video dalam kegiatan pembelajran IPS peserta didik kelas VIII, 3) evektivitas media pembelajaran video dalam mata pelajran IPS kelas VIII materi keunggulan tanah di Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode pengembangan dengan model pengembangan Dick and Carey. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Pengembangan media video dilakukan sebaik mungkin dengan memenuhi kesesuaian kreteria yang diinginkan dalam pembuatan media pembelajaran berupa video dapat mencapai tujuan pembelajaran .2) hasil penelitian dari dua kelas di SMP Negeri 1 Sambi tersebut menunjukan pengguanaan medfia pembelajaran berupa video lebih efektif dibandingankan dengan menggunakan metode ceramah. Dilihat dari hasil peningkatan pree tes dan pos tes dari kelas yang menggunakan media video atau kelsa ekperimen sebesar 16,5 sedangkan kelas kontrol yang tidak menggunakan media video sebesar 5,12. Dari hasil tersebut mengalami perbedaan dari kegiatan pembelajaran setalah dan sesudah memakai media video materi keunggulan tanah di Indonesia mata pelajran IPS
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan media pembelajaran video, efektifitas, Ilmu Pengetahuan Sosial. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | Unnamed user with username a610110071 |
Date Deposited: | 29 Oct 2015 06:35 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 07:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38456 |
Actions (login required)
View Item |