PENGARUH KREATIVITAS DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008 / 2009

WAHYUNI , SRI (2009) PENGARUH KREATIVITAS DAN FREKUENSI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2008 / 2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050109.pdf

Download (21kB)
[img] PDF
A210050109.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar akuntansi 2) untuk mengetahui pengaruh frekuensi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi 3) untuk mengetahui pengaruh kreativitas dan frekuensi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi dengan jumlah populasi 31 siswa. Dalam penelitian ini tidak ada sampel sehingga tidak menggunakan teknik sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Metode angket sebelumnya telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi ganda dengan uji t, uji F dan R2. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier berganda sebagai berikut Y= 18,832 + 0,201X1 + 0,694X2, artinya prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh kreativitas belajar dan frekuensi belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: 1) kreativitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel kreativitas belajar sebesar 2,298 sehingga thitung > ttabel atau 2,298 > 2,042 (α = 0,05); 2) frekuensi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel frekuensi belajar sebesar 10,140 sehingga thitung > ttabel atau 10,140 > 2,042 (α = 0,05); 3) kreativitas dan frekuensi belajar bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Hal ini terbukti berdasarkan perhitungan Fhitung > Ftabel atau 126,923 > 3,32 (α = 0,05); 4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,901; berarti 90,1% prestasi belajar akuntansi dipengaruhi oleh variabel kreativitas belajar dan frekuensi belajar, sisanya sebesar 9,9% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas belajar, frekuensi belajar, prestasi belajar akuntansi.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 29 Jul 2009 08:44
Last Modified: 24 Oct 2011 04:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3839

Actions (login required)

View Item View Item