RISTANTO, RIZHAL HENDI (2009) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC Cooperative Integrated Reading and Composition) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI KELAS XI IPA I “TOPIK GANGGUAN SISTEM TRANSPORTASI PADA MANUSIA” SMA NEGERI 1 SAMBUNGMACAN SRAGEN TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A420050135.pdf Download (53kB) |
|
PDF
A420050135.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada topik gangguan sistem transportasi pada manusia menggunakan pembelajaran kooperatif tipe CIRC(Cooperative Integrated Reading And Composition) pada siswa SMA Negeri 1 Sambungmacan kelas XI IPA 1 tahun Ajaran 2008/2009. Penelitian ini diawali dengan diskusi mengenai artikel atau wacana dan diakhiri dengan kesimpulan dan post-test pada tiap siklusnya. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada siklus I (ranah kognitif = 7,313 atau meningkat sebesar 1,175 dari nilai awal dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,812; ranah afektif = 15,125 (termasuk kategori kurang berminat)). Rata-rata hasil belajar pada siklus II (ranah kognitif = 8,075 atau meningkat sebesar 0,762 dari siklus I dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,703; ranah afektif = 16,975 (termasuk kategori cukup berminat) atau meningkat sebesar 1,85 dari siklus I). Rata-rata hasil belajar pada siklus III (ranah kognitif = 8,925 atau meningkat sebesar 0,85 dari siklus II dengan standar deviasi (SD) sebesar 0,628; ranah afektif = 21,25 (termasuk kategori berminat) atau meningkat sebesar 4,275 dari siklus II) Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran koperatif tipe CIRC dapat memperbaiki proses belajar mengajar, hal ini didukung dengan peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Sambungmacan Tahun Ajaran 2008/2009.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe CIRC, Gangguan sistem Transportasi pada Manusia. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 29 Jul 2009 08:31 |
Last Modified: | 25 Oct 2011 06:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3834 |
Actions (login required)
View Item |