Susanti, Titik and , Dr. Samino, M.M. (2015) Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa di MIM Ngasem Colomadu Kabupaten Karanganyar Tahun 2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PULIKASI.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (165kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (691kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa di MIMNgasem Colomadu kabupaten Karanganyar tahun 2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. penelitian ini dilakukan di MIM Ngasem Colomadu Karanganyar. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas IV, V dan VI tahun 2015 yang berjumlah50siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi sederhana dengan korelasi product moment.Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat pengaruh dari lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa dengan persamaan regresi Y= 35,262 + 0,719 X, dimana signifikansinya pengaruh tersebut ditunjukkan oleh Fhitung > Ftabel 24,813> 4,043, (2) terdapat pengaruh yang signifikansi dari lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa yang ditunjukkan dengan thitung > ttabel yaitu 4.981> 2,009 (3) Dari hasil uji hipotesis diperoleh rhitung 0,639 > rtabel 0,279, menunjukkan bahwa besarnya pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivasi belajar siswa adalah sebesar 63,9 %, sedangkan sisanya sebesar 36,1% dipengaruhi oleh variabel lain.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Sekolah, Motivasi Belajar, Pengaruh |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Unnamed user with username a510110201 |
Date Deposited: | 27 Oct 2015 08:37 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 06:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38274 |
Actions (login required)
View Item |