Purba Hanugraha, Dhania and , Drs. M. Yahya, M.Si (2015) Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Aktifitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas Xi Sma Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (606kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (839kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB 1.pdf Download (36kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (17kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (15kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (624kB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (604kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) adanya pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar, 2) adanya pengaruh aktifitas belajar siswa terhadap prestasi belajar, 3) adanya pengaruh kemandirian belajar dan aktifitas belajar siswa terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian yang digunkan adalah kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Muhammadiyah 1 Sragen tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 160 siswa dengan sampel 110 siswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket yang telah diuji cobakan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda, uji t, uji F, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil dari analisis data diperoleh persamaan garis linier Y=15,545+0,991X1+0,463X2. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah: 1) ada pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 5,349 > 1,982 (α = 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,000; 2) ada pengaruh yang signifikan antara aktifitas belajar siswa terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung > ttabel yaitu 2,160 > 1,982 (α = 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,033; 3) ada pengaruh yang signifikan antara kemandirian belajar dan aktifitas belajar siswa terhadap prestasi belajar. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 35,249 > 3,081 pada taraf signifikansi 5%. 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 75,64% dan sumbangan efektif sebesar 30%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 24,37% dan sumbangan efektif sebesar 9,7%. Hasil perhitungan untuk nilai R2 diperoleh 0,397 yang berarti 39,7% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh kemandirian belajar dan aktifitas belajar siswa, sisanya sebesar 60,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Belajar, Aktifitas Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Unnamed user with username a210090220 |
Date Deposited: | 27 Oct 2015 06:41 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 04:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38260 |
Actions (login required)
View Item |