Pengembangan Kurikulum Kulliyatul Muallimin Al-Islamiyah (KMI) Dalam Menanamkan Akhlaqul Karimah Pada Santri Putra Di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Tahun Pelajaran 2014/2015

Setyaningsih, Wiwik and , Dra. Mahasri Shobahiya, M.Ag. and , Drs. Abdullah Mahmud M.Ag (2015) Pengembangan Kurikulum Kulliyatul Muallimin Al-Islamiyah (KMI) Dalam Menanamkan Akhlaqul Karimah Pada Santri Putra Di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (244kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (839kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PERPUS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)

Abstract

Pengembangan kurikulum adalah arahan kurikulum sekarang ke tujuan pendidikan yang diharapkan, karena adanya berbagai pengaruh yang sifatnya positif yang datangnya dari luar atau dari dalam sendiri, dengan harapan agar peserta didik dapat menghadapi masa depan dengan baik. Dalam penelitian ini masalah yang dikaji adalah bagaimana model pengembangan kurikulum Kulliyatul Muallimin Al-Islamiyah dalam menanamkan akhlaqul karimah pada santri Putra di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kurikulum Kulliyatul Muallimin Al-Islamiyah dalam menanamkan akhlaqul karimah pada santri Putra di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Manfaat penelitian ini meliputi manfaat teoritis yaitu menambah hazanah pengetahuan, khususnya mengenai pengembangan kurikulum di pondok pesantren. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek Pimpinan Pondok, Direktur KMI, Bagian Pengasuhan dan Staf pengajar Pondok. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode wawancara,Observasi dan Dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian disusun dan dianalisia dengan penggunakan deskriptif kualitatif, melalui tahapan reduksi data, penyusunan data dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa dalam pengembangan kurikulum yang dilakukan di Pondok Putra Ta’mirul Islam menggunakan beberapa model, antara lain: (1) Model pembelajaran sosial, (2) menciptakan kader ulama untuk ummat, (3) embelajaran berkesinambungan, dan (4) penilaian akhlak. Penilaian akhlak santri dilakukan oleh Bagian Pengasuhan bekerja sama dengan Bagian Kurikulum serta bagian OSTI. Bagian Kurikulum menilai akhlak santri pada waktu jam pelajaran, dan Bagian Pengasuhan menilai akhlak santri dalam kegiatan sehari-hari dari bangun tidur sampai tidur lagi, serta bekerja sama dengan bagian keamanan (OSTI) untuk membimbing para santri supaya berakhlaqul karimah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kurikulum, Akhlaqul Karimah, Pondok
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 27 Oct 2015 05:08
Last Modified: 07 Oct 2021 14:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38239

Actions (login required)

View Item View Item