Setyaningsih, Wiwik and , Dra. Mahasri Shobahiya, M.Ag. and , Drs. Abdullah Mahmud M.Ag (2015) Pengembangan Kurikulum Kulliyatul Muallimin Al-Islamiyah (KMI) Dalam Menanamkan Akhlaqul Karimah Pada Santri Putra Di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (244kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (839kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (45kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
|
PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (43kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN..pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PERPUS.pdf Restricted to Repository staff only Download (16kB) |
Abstract
Pengembangan kurikulum adalah arahan kurikulum sekarang ke tujuan pendidikan yang diharapkan, karena adanya berbagai pengaruh yang sifatnya positif yang datangnya dari luar atau dari dalam sendiri, dengan harapan agar peserta didik dapat menghadapi masa depan dengan baik. Dalam penelitian ini masalah yang dikaji adalah bagaimana model pengembangan kurikulum Kulliyatul Muallimin Al-Islamiyah dalam menanamkan akhlaqul karimah pada santri Putra di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kurikulum Kulliyatul Muallimin Al-Islamiyah dalam menanamkan akhlaqul karimah pada santri Putra di Pondok Pesantren Ta’mirul Islam Surakarta. Manfaat penelitian ini meliputi manfaat teoritis yaitu menambah hazanah pengetahuan, khususnya mengenai pengembangan kurikulum di pondok pesantren. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek Pimpinan Pondok, Direktur KMI, Bagian Pengasuhan dan Staf pengajar Pondok. Metode yang digunakan untuk memperoleh data adalah metode wawancara,Observasi dan Dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian disusun dan dianalisia dengan penggunakan deskriptif kualitatif, melalui tahapan reduksi data, penyusunan data dan pengambilan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa dalam pengembangan kurikulum yang dilakukan di Pondok Putra Ta’mirul Islam menggunakan beberapa model, antara lain: (1) Model pembelajaran sosial, (2) menciptakan kader ulama untuk ummat, (3) embelajaran berkesinambungan, dan (4) penilaian akhlak. Penilaian akhlak santri dilakukan oleh Bagian Pengasuhan bekerja sama dengan Bagian Kurikulum serta bagian OSTI. Bagian Kurikulum menilai akhlak santri pada waktu jam pelajaran, dan Bagian Pengasuhan menilai akhlak santri dalam kegiatan sehari-hari dari bangun tidur sampai tidur lagi, serta bekerja sama dengan bagian keamanan (OSTI) untuk membimbing para santri supaya berakhlaqul karimah.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Kurikulum, Akhlaqul Karimah, Pondok |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 27 Oct 2015 05:08 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 14:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38239 |
Actions (login required)
View Item |