Efektivitas Penggunaan Strategi Team Games Tournament (Tgt) Dengan Materi Sumber Daya Alam Di Indonesia Kelas Vii Smp Negeri 1 Gatak Sukoharjo

Purwati, Sri and , Dr. Tjipto Subadi, M.Si (2015) Efektivitas Penggunaan Strategi Team Games Tournament (Tgt) Dengan Materi Sumber Daya Alam Di Indonesia Kelas Vii Smp Negeri 1 Gatak Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas MUhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (156kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (331kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (486kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (526kB)

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah pembelajaran yang sering terjadi di kelas masih didominasi guru, sehingga pembelajaran yang dilakukan di kelas kurang efektif , pencapaian efektivitas pembelajaran diperlukan strategi pembelajaran yang tepat dan benar sesuai kondisi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Time Games Tournament dapat digunakan untuk mencapai tujuan pada materi sumber daya alam di Indonesia, dibandingkan metode konvensional. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa tujuan pembelajaran di SMP Negeri 1 Gatak pada materi sumber daya alam di Indonesia pada kelas eksperimen yaitu kelas VIIB, VIID, VIIE, VIIF, dan VI H dengan menggunakan strategi Time Games Tournament dapat tercapai, karena nilai KKM terpenuhi yaitu nilai terendah yang diperoleh adalah 75. Hasil belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol menunjukan adanya perbedaan. Nilai rata-rata kelas eksperimen yang mendapat perlakuan menggunakan strategi Team Games Tournament, memiliki nilai post test dan keterampilan rata-rata lebih besar, yaitu 88 dari pada kelas kontrol (kelas unggulan) yang hanya memperoleh nilai rata-rata 74 yang menggunakan metode ceramah, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Perbedaan dari kedua kelas tersebut menunjukan bahwa strategi Team Games Tournament lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Peningkatan hasil pembelajaran, Strategi Team Games Tournament
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Sri Purwati
Date Deposited: 27 Oct 2015 01:38
Last Modified: 11 Oct 2021 06:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38213

Actions (login required)

View Item View Item