Peranan Pimpinan Ranting Muhammadiyah Desa Puro, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen Dalam Hubungan Sosial Dan Pendidikan Kemasyarakatan Tahun 2014

Al Amin, Abu Bakar Ash Shiddiq and , Drs. Ma'arif Jamuin, M.Si and , Drs. M.Yusron, M.Ag (2015) Peranan Pimpinan Ranting Muhammadiyah Desa Puro, Kecamatan Karangmalang, Kabupaten Sragen Dalam Hubungan Sosial Dan Pendidikan Kemasyarakatan Tahun 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (18MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (133MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (114kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (36kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img] PDF (Daftar Pustka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (202kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228MB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34MB)

Abstract

Pimpinan Ranting Muhammadiyah Desa Puro merupakan bagian dari Cabang Muhammadiyah Kec. Karangmalang yang memperoleh tugas untuk membesarkan dan mengembangkan Muhammadiyah di wilayah Desa Puro. Pada dasarnya pembentukan PRM ini bertujuan untuk berperan sebagai subjek yang memberikan sumbangan terhadap masalah-masalah di masyarakat Puro. Dengan semangat untuk menciptakan masyarakat yang sebenar-benarnya, Pimpinan Ranting berupaya secara maksimal untuk melakukan pembinaan-pembinaan sebagai tindak lanjut atas masalah yang diperoleh masyarakat di lingkungan sekitar . Maka, penulis tertarik untuk meneliti tentang “Peranan Pimpinan ranting Muhammadiyah Desa Puro, Kec. Karangmalang, Kab. Sragen dalam Hubungan Sosial dan Pendidikan Kemasyarakatan Tahun 2014”. Dalam penelitian ini, masalah yang dikaji adalah peran-peran yang dilakukan oleh Pimpinan Ranting Muhammadiyah Desa Puro dalam hubungan Sosial dan Pendidikan Kemasyarakatan. Serta, bentuk-bentuk hubungan social yang dilakukan oleh Pimpinan Ranting Muhammadiyah dalam menjalin hubungan sosial dan pendidikan masyarakat yang ideal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan serta bentukbentuk hubungan sosial yang dilakukan oleh Pimpinan Ranting Muhammadiyah Desa Puro di desa Puro. Manfaat dari penelitian ini adalah sumbangan pemikiran dalam hal manajerial pimpinan Ranting Muhammadiyah dalam menjalin hubungan sosial yang ideal dengan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif yang mengambil setting di Pimpinan Ranting Muhammadiyah Puro. Metode wawancara, observasi serta dokumentasi digunakan dalam pengambilan data di lapangan. Sedangkan metode analisis yang digunakan ialah deskriptif kualitatif dengan cara induktif yakni pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa : Peranan Pimpinan Ranting Muhammadiyah Puro dalam Hubungan Sosial dan Pendidikan Kemasyarakatan berupa : a) pengambil keputusan, b) pemberi perintah c) peran konsultatif, d) peran delegatif, dan e) peran partisipatif. Bentukbentuk hubungan sosial dan pendidikan kemasyarakatan yang terjadi antara Pimpinan Ranting Puro dengan masyarakat ialah berupa: a) Hubungan sosial yang bersifat asosiatif, diantaranya : 1) Kerja sama, 2) Asimilasi. 3) Kosultasi yang merupakan teori baru. Sedangkan, pendidikan kemasyarakatan yang terjadi di masyarakat yang dilaksanakan oleh PRM Puro ialah: 1) Pengajian Bapak-Bapak, 2) Pengajian Ibu-Ibu, 3) Pengajian anak-anak. Hubungan sosial yang terjadi antara Ranting dengan masyarakat Puro berdasarkan semangat spiritual yang dimiliki oleh masyarakat Puro untuk memperdalam dan mengamalkan Islam, sehingga kedudukan PRM Puro di masyarakat sebagai fasilitator dalam mewujudkannnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peranan, Pimpinan Ranting Muhammadiyah, Hubungan Sosial, Pendidikan Kemasyarakatan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 26 Oct 2015 04:07
Last Modified: 07 Oct 2021 13:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38160

Actions (login required)

View Item View Item