SETIYONO, ROHMAD and , Ir. Pramuko IP, MT and , Supriyono, ST.,MT.,Ph.D (2015) Analisis Gaya Pengereman Pada Mobil Nasional Mini Truck. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
3.HALAMAN DEPAN.pdf Download (798kB) |
|
PDF (Bab I)
4.BAB I.pdf Download (94kB) |
|
PDF (Bab II)
5.BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (903kB) |
|
PDF (Bab III)
6.BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (294kB) |
|
PDF (Bab IV)
7.BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) |
|
PDF (Bab V)
8.BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) |
|
PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
2.NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Rem adalah bagian penting dari kendaraan, yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan kendaraan. Tujuannya untuk menentukan kapasitas maksimum dari kampas rem kiri dan kampas rem kanan serta waktu yang dibutuhkan untuk berhenti dengan perbedaan kecepatan kendaraan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui besaran gaya yang terjadi pada rem untuk kendaraan roda empat dengan analisis berubah – ubah jarak pengereman anatara 5m, 10m, 15m, dengan variasi kecepatan kendaraan 40 km/jam, 50km/jam, 60km/jam, 70km/jam, 80km/jam Dari perhitungan dinamika kendaraan pengereman, ditemukan bahwa MOBIL NASIONAL MINI TRUCK kendaraan dengan kecepatan 80km/jam dengan jarak pengereman 5 meter waktu yang dibutuhkan adalah 0,45 detik, memberikan perlambatan kendaraan adalah 49.284 m/dt. Serta menghasilkan gaya tuas rem dari silinder rem kiri adalah 2527.44 N. dan gaya tuas rem dari silinder rem kanan adalah 1932.75 N. disini juga menghitung gaya injak pedal terhadap tekanan minyak apabila pedal rem diberi beban 5kgf maka tekanan minyak adalah 14.93 kg/cm2. Gaya pengereman adalah gaya yang harus dipenuhi oleh unit rem terkandung di dalam kendaraan tersebut.
Item Type: | Karya ilmiah (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | system pengereman, jarak pengereman, kecepatan |
Subjects: | T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Mesin |
Depositing User: | Kurnia Utami |
Date Deposited: | 23 Oct 2015 08:41 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 02:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38098 |
Actions (login required)
View Item |