Peran Pemimpin Pondok Pesantren Al-Hidayat Dalam Menanamkan Etika Keislaman Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-HIdayat Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang Tahun 2011/2015)

Supriyanto, Supriyanto and , Drs. Ma’arif Jamuin. M.Si and , Dr.Mutohharun Jinan, M.Ag (2015) Peran Pemimpin Pondok Pesantren Al-Hidayat Dalam Menanamkan Etika Keislaman Santri (Studi Kasus di Pondok Pesantren Al-HIdayat Kecamatan Lasem Kabupaten Rembang Tahun 2011/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi.pdf

Download (422kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
Halaman Depan.pdf

Download (915kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (324kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (182kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (VI)
BAB VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (197kB)
[img] PDF (Daftar Lampiran)
DAFTAR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
persetujuan publikasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan seperti pondok pesantren salafiyah juga sudah menanamkan etika keislaman santri seperti disiplin, jujur dan taat pada pemimpin. Sedangkan dalam menanamkan etika keislaman di pondok pesantren salafiyah yang menentukan yaitu pemimpin pondok pesantren. Maka tema yang diangkat dalam penelitian ini adalah Peran Pemimpin Pondok Pesantren Al-Hidayat dalam Menanamkan Etika Keislaman Santri (studi kasus di Lasem Rembang 2011-2015). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. angka Alat analisis data bersifat induktif, yaitu suatu analisis berdasarkan data yang diperoleh, selanjutnya dikembangkan menjadi hepotesis. Penelitian ini menggunakan analisis data yang bersifat deskriptif analitik. Deskriptif analitik adalah data yang diperoleh (berupa kata-kata, gambar, perilaku) tidak dituangkan dalam bentuk bilangan atau angka statistik, melainkan tetap dalam bentuk kualitatif yang memiliki arti lebih kaya dari sekedar atau frekuensi. Hasil dari penelitian yaitu Peran Pemimpin Pondok Pesantren Al-Hidayat sebagai; modelling (keteladanan), regulasi (mengatur), pengambil keputusan, kontrol sosial, penyelesai konflik.Usaha-usaha Pemimpin Pondok Pesantren Al-Hidayat dalam Menanamkan Etika Keislaman santri yaitu; Usaha-usaha yang dilakukan pemimpin pondok pesantren al-Hidayat yaitu memberikan pendidikan formal berupa SMP/MTs dan SMA/MA sedangkan program pendidikan non formalnya melalui program marhalah sp A, marhalah sp B, marhalah I, marhalah II, marhalah III. didukung dengan program-program Pondok Pesantren al-Hidayat adalah: Batsul masail santri, latihan muhadloroh, pengajian setiap malam jum’at, latihan hadroh dan sholawat, sorogan. Faktor pendukung yaitu pemimpin memberikan semangat dan dukungan kepada pengurus untuk mengawasi santri dalam semua kegiatan santri. Kemudian kendala yang di alami dari pemimpin yaitu; jika liburan sekolah formal banyak santri yang pulang kampung, padahal kegiatan yang ada di Pondok Pesantren tidak libur. Jika terjadi seperti yang diatas semua kegiatan yang ada di Pondok akan terganggu karena yang mengikuti kegiatan hanya beberapa santri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran pemimipin, Menanamkan Etika Keislaman.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Supriyanto
Date Deposited: 26 Oct 2015 03:23
Last Modified: 07 Oct 2021 14:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38067

Actions (login required)

View Item View Item