Peran Orang Tua Dalam Membina Akhlak Anak Di Dukuh Tanon RT 07/RW 03 Kelurahan Manjung Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali Tahun 2014

Prasetyo, Fajar and , Dr. Abdullah Aly, M.Ag. and , Drs. Arief Wibowo, M.Ag (2014) Peran Orang Tua Dalam Membina Akhlak Anak Di Dukuh Tanon RT 07/RW 03 Kelurahan Manjung Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali Tahun 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
3. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (581kB)
[img] PDF (Bab I)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (132kB)
[img] PDF (Bab II)
5. BAB II LANDASAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] PDF (Bab III)
6. BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (Bab IV)
7. BAB IV DESKRIPSI DATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab V)
8. BAB V ANALISIS DATA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab VI)
9. BAB VI PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (106kB)
[img] PDF (Lampiran)
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
2. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (390kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
1. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)

Abstract

Pembinaan akhlak adalah proses, perbuatan, tindakan, penanaman, nilai-nilai perilaku budi pekerti, perangi, tingkah laku baik terhadap Allah SWT., sesama manusia, diri sendiri dan alam. Orang tua berperan penting dalam pembinaan akhlak sesuai dengan ajaran agama Islam. Nilai-nilai akhlak harus ditanamkan sejak usia dini melalui pendidikan dalam keluarga, sebagai makhluk individu, manusia memiliki potensi (fitrah) yang dibawa sejak lahir dan sangat potensial untuk dikembangkan. Potensi tersebut tidak dapat berkembang dengan sempurna tanpa melalui proses pendidikan. Oleh karena itu, disinilah pentingnya pendidikan akhlak. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis dapat merumuskan masalahnya yaitu (1) Bagaimana kondisi akhlak anak di Dukuh Tanon RT 07/RW 03? dan (2) Bagaimana peran orang tua dalam membina akhlak anak di Dukuh Tanon RT 07/RW 03 Kelurahan Manjung Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali?. Adapun tujuan penelitian yang dilakukan adalah untuk mendiskripsikan kondisi akhlak anak dan peran orang tua di Dukuh Tanon RT 07/RW 03 Kelurahan Manjung Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini menitikberatkan pada hasil pengamatan, dokumen dan wawancara terhadap informan yang dipilih secara purposive. Analisis induktif digunakan untuk menguji teori dengan fakta-fakta yang diperoleh di lapangan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan (1) Kondisi akhlak anak di Dukuh Tanon RT 07/RW 03 Kelurahan Manjung Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali perlu mendapatkan perhatian orang tua. Terdapat akhlak yang kurang baik yang dilakukan oleh anak, seperti kurang taatnya anak untuk beribadah, kurangnya rasa hormat seorang anak kepada orang yang lebih tua, dan kurangnya kesadaran anak dalam membuang sampah. Selain itu, terdapat juga akhlak anak yang baik seperti rajin TPA serta taat dan patuh terhadap perintah orang tua. (2) Pembinaan akhlak dilakukan orang tua dengan berbagai cara, seperti menyuruh anak untuk beribadah, membimbing anak untuk berbuat yang baik, menasehati jika anak berbuat salah, memberikan contoh yang baik pada anak serta melakukan pengawasan terhadap perilaku anak. Pengawasan sangat kurang dilakukan orang tua dikarenakan para orang tua sibuk bekerja. Pembinaan akhlak dilakukan dengan tujuan agar anak mempunyai akhlak yang baik sesuai dengan ajaran Islam, baik akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap sesama manusia, maupun akhlak terhadap lingkungan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran, Orang Tua, Pembinaan Akhlak
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 23 Oct 2015 03:03
Last Modified: 19 Oct 2021 14:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38060

Actions (login required)

View Item View Item