Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Materi Benda Dan Sifatnya Siswa Kelas IV SDN Sambirejo 148 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015

Adi Cahya Saputra, Wahyu and , Drs. Saring Marsudi, SH. M.Pd (2015) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Materi Benda Dan Sifatnya Siswa Kelas IV SDN Sambirejo 148 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
2. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (5MB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
3. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (799kB)
[img] PDF (BAB I)
4. BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (BAB II)
5. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (BAB III)
6. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (BAB IV)
7. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (581kB)
[img] PDF (BAB V)
8. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
daftar pustaka.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
9. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (359kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat belajar IPA materi benda dan sifatnya dengan mengggunakan Model Think-Pair-Share (TPS) siswa kelas IV SDN Sambirejo 148 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas IV SDN Sambirejo 148 Surakarta yang berjumlah 35 siswa, subjek pelaku tindakan adalah guru (peneliti). Teknik pengumpulan data dengan Model wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat belajar IPA materi benda dan sifatnya. Hal ini dapat dilihat dari kondisi awal minat belajar siswa rata-rata 59,75%, kemudian pada siklus I minat belajar siswa rata-rata 73,80%, sedangkan pada siklus II rata-rata minat belajar siswa naik menjadi 85,23%. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan minat belajar IPA materi benda dan sifatnya siswa kelas IV SDN Sambirejo 148 Surakarta Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat, think pair share (tps).
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Wahyu Adi Cahya Saputra
Date Deposited: 23 Oct 2015 03:57
Last Modified: 07 Oct 2021 06:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38032

Actions (login required)

View Item View Item