Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel 2 Karya Donny Dhirgantoro: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA

Darojad Tri Cahyono, Sholikhin and , Prof. Dr. Ali Imron Al-Ma’ruf, M.Hum. (2015) Kepribadian Tokoh Utama dalam Novel 2 Karya Donny Dhirgantoro: Tinjauan Psikologi Sastra dan Implementasinya Sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (ARTIKEL PUBLIKASI)
ARTIKEL PUBLIKASI.pdf

Download (638kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (750kB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (167kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (399kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (159kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)

Abstract

Masalah kepribadian menjadi menarik untuk diangkat dalam cerita novel. kepribadian dalam novel sering menceritakan kejiwaan yang dimiliki seorang tokoh. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan latar sosiohistoris Donny Dhirgantoro sebagai pengarang novel 2, struktur yang membangun novel 2 karya Donny Dhirgantoro, kepribadian tokoh utama dalam novel 2 karya Donny Dhirgantoro dengan tinjauan psikologi sastra, dan implementasi novel 2 karya Donny Dhirgantoro sebagai bahan ajar sastra di SMA. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Objek yang diteliti dalam penelitian ini adalah kepribadian tokoh utama dalam novel 2 karya Donny Dhirgantoro. Data dalam penelitian ini berupa wacana yang menggambarkan kepribadian tokoh utama dalam novel 2 karya Donny Dhirgantoro. Sumber data penelitian ini adalah novel 2 karya Donny Dhirgantoro. Teknik pengumpulan data yakni teknik pustaka dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode pembacaan model semiotik yakni pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) latar sosiohistoris Donny Dhirgantoro lahir tanggal 27 Oktober 1978 di Jakarta. (2) secara struktural alur dalam novel 2 yaitu alur maju (Progresif). Tokoh dalam novel 2 terdiri dari tokoh utama yaitu Gusni dan tokoh tambahan yaitu Papa, Mama, Gita, Harry, Pak Pelatih. Latar tempat terjadi di Jakarta. Latar waktu terjadi pada pada tahun 1986 sampai dengan tahun 2011. Latar sosial berupa kehidupan Gusni yang terlahir dari keluarga sederhana yang mempunyai Papa dengan profesi pembuat kok bulutangkis dengan pendapatan tidak menentu. (3) kepribadian tokoh utama dalam novel 2 karya Donny Dhirgantoro terdiri atas pribadi yang sabar, pribadi yang tekun bekerja, dan pribadi yang tak mudah putus asa. (4) implementasi novel 2 karya Donny Dhirgantoro ini dapat diimplementasikan pada pembelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 jenjang SMA yang ditekankan pada kelas XII semester 2 (genap) dengan KI 3 dan KD 3.3.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Novel 2, kepribadian, psikologi sastra, implementasi sebagai bahan ajar sastra di SMA
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Sholikhin Darojad Tri Cahyono
Date Deposited: 22 Oct 2015 06:09
Last Modified: 07 Oct 2021 14:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38011

Actions (login required)

View Item View Item