Pembinaan Karakter Religius Pada Eks Pekerja Seks Komersial (Studi Kasus Di Balai Rehabilitasi Sosial “Wanita Utama” Surakarta)

Dyah Ayu Ikanafanny, Elya and , Prof. Dr. H. Bambang Sumardjoko, M.Pd. (2015) Pembinaan Karakter Religius Pada Eks Pekerja Seks Komersial (Studi Kasus Di Balai Rehabilitasi Sosial “Wanita Utama” Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (381kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (175kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (254kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (PERNYATAAN PUBLIKASI)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (79kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran karakter religius, bentuk-bentuk pembinaan karakter religius, faktor pendukung dan faktor peng-hambat pembinaan karakter religius pada eks pekerja seks komersial di Balai Rehabilitasi Sosial “Wanita Utama” Surakkarta. Karakter religius perlu diimple-mentasikan dalam kehidupan sehari-hari, tidak terkecuali eks PSK. BAREHSOS “Wanita Utama” Surakarta merupakan balai yang bertugas memberikan pelayanan dan rehabilitasi para eks PSK melalui pembinaan karakter religius. Jenis peneliti-an ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini seluruh penerima manfaat, pembim-bing/pembina, dan Kepala balai. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu melalui triangulasi sumber data dan teknik pengumpulan data. Analisis data yang diguna-kan yaitu analisis interaktif melalui proses data colletion, data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa gambaran pembinaan karakter religius pada eks PSK di BAREHSOS “Wanita Utama” Surakarta diwujudkan dengan aktivitas yaitu taat beribadah, sikap toleransi terhadap pemeluk agama lain, dan rukun terhadap pemeluk agama lain. Bentuk pembinaan karakter religius pada eks PSK di BAREHSOS “Wanita Utama” Surakarta meliputi mengajak sholat dzuhur berjamaah, membaca asmaul husna, adanya tausiyah untuk pendalaman aqidah dan pengembangan akhlak terpuji, kegiatan renungan malam, peringatan isro’ mi’raj, peringatan nuzulul qur’an, sholat tarawih, memiliki sikap toleransi, saling tolong menolong, saling menghormati dan menghargai sesama penerima manfaat. Faktor pendukung dan faktor penghambat pembinaan karakter religius pada eks PSK sebagai berikut: a) Kerja tim yang solid, b) Sarana dan prasarana yang mendukung, c) Suasana kekeluargaan, d) Adanya komitmen dari kepala balai dan pembina/pembimbing, e) Usaha balai yang turut melibatkan instansi luar dan keluarga penerima manfaat, f) Kurang maksimalnya penggunaan sarana, g) Kurang bersinergisnya para eks PSK dalam mengikuti kegiatan, h) Latar bela-kang pendidikan para penerima manfaat yang berbeda-beda, i) Belum adanya klasifikasi penyampaian materi berdasarkan umur/kedewasaan, j) Kurang pema-haman dari beberapa pihak keluarga penerima manfaat terhadap program balai.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Karakter Religius, Eks Pekerja Seks Komersial, Balai Rehabilitasi Sosial “Wanita Utama” Surakarta
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: a220110026
Date Deposited: 23 Oct 2015 02:40
Last Modified: 06 Oct 2021 13:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/38010

Actions (login required)

View Item View Item