PENGARUH KEMAMPUAN LOGIKA DAN KOMUNIKASI ANTARA GURU DENGN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008

Berlinawati, Lolita Devi (2009) PENGARUH KEMAMPUAN LOGIKA DAN KOMUNIKASI ANTARA GURU DENGN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI KELAS X SMK MUHAMMADIYAH 2 SURAKARTA TAHUN AJARAN 2007/2008. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A210050014.pdf

Download (134kB)
[img] PDF
A210050014.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: pengaruh kemampuan logika dan komunikasi guru dengan siswa terhadap prestasi belajar akuntansi. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif yang disertai dengan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2007/2008 yang terdiri dari satu kelas dengan jumlah siswa sebanyak 38 orang siswa. Seluruh populasi diambil sebagai sampel penelitian, sehingga disebut penelitian populasi. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket yang telah diuji-cobakan dan diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji F, uji t, uji R2, serta sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis memperoleh persamaan garis regresi Y = 4,944 + 0,024.X1 + 0,020.X¬2. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar akuntansi siswa dipengaruhi oleh kemampuan logika dan komunikasi guru dengan siswa. Hasil uji hipotesis memperoleh hasil sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh kemampuan logika terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2007/2008. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai thitung sebesar 4,831 > ttabel (2,021) pada taraf signifikansi 5%. (2) Terdapat pengaruh komunikasi guru dengan siswa terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2007/2008. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai thitung sebesar 3,111 > ttabel (2,021) pada taraf signifikansi 5%. (3) Terdapat pengaruh kemampuan logika dan komunikasi guru dengan siswa terhadap prestasi belajar akuntansi pada siswa kelas X SMK Muhammadiyah 2 Surakarta tahun pelajaran 2007/2008. Hal ini terbukti dari analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung sebesar 34,810 > Ftabel (3,23) pada taraf signifikansi 5%. (4) Hasil perhitungan sumbangan menunjukkan bahwa variabel pengaruh kemampuan logika memberikan sumbangan relatif sebesar 63,9% dan sumbangan efektif 42,5% terhadap prestasi belajar akuntansi. Variabel pengaruh komunikasi guru dengan siswa memberikan sumbangan relatif sebesar 36,1% dan sumbangan efektif 24,0% terhadap prestasi belajar akuntansi.. Secara keseluruhan variabel kemampuan logika dan komunikasi guru dengan siswa memberikan sumbangan efektif sebesar 66,5% terhadap prestasi belajar akuntansi

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan logika, komunikasi guru dengan siswa, prestasi belajar akuntansi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 29 Jul 2009 02:27
Last Modified: 16 Apr 2011 04:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3786

Actions (login required)

View Item View Item