Rahmantyo, Widya Arif and , Prof. Kumaidi, M.A., Ph.D. (2015) Orientasi Minat Kejuruan Pada Siswa SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf Download (813kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan .pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
04. BAB I .pdf Download (161kB) |
|
PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (239kB) |
|
PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (209kB) |
|
PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (253kB) |
|
PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (132kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
01. Surat Pernyataan Publikasi karya Ilmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
Abstract
Penelitian ini digunakan untuk mengklasifikasikan siswa menurut jenis sekolah dan minatnya. Populasi penelitian ini terdiri dari siswa SMA Negeri 2 Blora. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, diperoleh responden 125 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu instrumen skala minat kejuruan yang disusun oleh Kumaidi (2014) instrumen ini mengikuti instrument “Self Directed Search” dari Holland (1985) sehingga dihasilkan suatu pola orientasi minat kejuruan siswa yang menggambarkan tipologi pada jurusan yang berbeda. Hasil yang ditemukan menggambarkan bahwa tools ini bermanfaat untuk mengukur minat kejuruan siswa di Indonesia. Model hexagonal dari teori Holland yang menyatakan adanya 6 kepribadian yaitu : Tipe Realistik (The Realistic Type (R)), Tipe Peneliti/Pengusut (The Investigative Type (I)), Tipe Seniman (The Artistic Type (A)), Tipe Sosial (The Sosial Type (S)), Tipe Pengusaha (The Enterprising Type (E)), dan Tipe Orang Rutin (Conventional Type (C)) atau dengan singkatan R-I-A-S-E-C. Walaupun hasil penelitian tidak menjelaskan tipologi kepribadian tiap siswa, namun jurusan ini mencerminkan tipologi suatu kelompok, dan hasilnya sebagai berikut. Orientasi minat kejuruan pada jurusan IPS tipologi sosial lebih dominan pada jurusan ini dan bersifat universal yaitu dari dimensi aktivitas, kemampuan dan pekerjaan. Ini artinya orientasi minat kejuruan pada siswa jurusan IPS di SMA Negeri 2 Blora terdapat pada tipologi sosial, sedangkan orientasi minat kejuruan pada jurusan IPA tipologi Investigatif lebih dominan pada jurusan ini dan bersifat universal yaitu dari dimensi aktivitas, kemampuan dan pekerjaan. Ini artinya orientasi minat kejuruan pada siswa jurusan IPA di SMA Negeri 2 Blora terdapat pada tipologi investigatif. Walaupun hasil penelitian ini sudah dapat memilah minat dari 2 jurusan SMA namun belum memilah semua jurusan yang ada terlebih di SMK. Sehingga masih banyak peluang untuk meningkatkan efektifitas instrumen dalam memetakan minat kejuruan terhadap jurusan yang heterogen pada SMK di Indonesia.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Reatistik, Investigatif, Artistik, Sosial, Enterprising, Konvensional |
Subjects: | Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Widya Arif Rahmantyo |
Date Deposited: | 16 Oct 2015 06:25 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 01:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37822 |
Actions (login required)
View Item |