Arum Sari, Rina and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si (2015) PENGARUH PENGELOLAAN KELAS DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SOSIOLOGI PENDIDIKAN PADA MAHASISWA PENDIDIKAN AKUNTANSI ANGKATAN 2013 UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (386kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
Halaman Depan.pdf Download (549kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB 1.pdf Download (165kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
Surat Artikel Pubikasi.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) pengaruh pengelolaan kelas terhadap motivasi belajar sosiologi pendidikan; 2) pengaruh fasilitas belajar terhadap motivasi belajar sosiologi pendidikan; 3) pengaruh pengelolaan kelas dan fasilitas belajar terhadap motivasi belajar sosiologi pendidikan. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif kesimpulanya diperoleh berdasarkan pada hasil analisis statistik. Penelitian ini mengambil lokasi di Universitas Muhammadiyah Surakarta yang berjumlah 240 mahasiswa dengan sampel sebanyak 142 mahasiswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling dengan cara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan angket yang telah diuji coba dengan uji validitas dan realibilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil dari analisis data diperoleh persamaan garis linear Y= 3,435 + 0,797 X1 + 0,236 X2 Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah : 1) pengelolaan kelas berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar sosiologi pendidikan. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung>ttabel yaitu 11,244 > 1,977 (α= 5%) dan nilai signifikansi < 0,05 yaitu 0,000; 2) fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar sosiologi pendidikan. Hal ini terbukti dari hasil uji t yang memperoleh thitung>ttabel yaitu 2,936 > 1,977 (α= 5%) dan nilai signifikansi <0,05 yaitu 0,004; 3) pengelolaan kelas dan fasilitas belajar berpengaruh positif signifikan terhadap motivasi belajar sosiologi pendidikan. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung>Ftabel yaitu 69,170 > 3,061 pada taraf signifikansi 5%; 4) variabel X1 memberikan sumbangan relatif sebesar 92,7% dan sumbangan efektif sebesar 46,3%, variabel X2 memberikan sumbangan relatif sebesar 7,3% dan sumbangan efektif sebesar 3,6%. Hasil dari perhitungan untuk nilai R2 diperoleh 0,499 yang berarti 49,9% motivasi belajar sosiologi pendidikan dipengaruhi oleh pengelolaan kelas dan fasilitas belajar, sisanya sebesar 50,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Kelas, Fasilitas Belajar, Motivasi belajar Sosiologi Pendidikan |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Rina Arum Sari |
Date Deposited: | 15 Oct 2015 07:46 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 04:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37804 |
Actions (login required)
View Item |