Sena Sasmita, Anggit and , Siti Zulaekah, A., M.Si and , Yuli Kusumawati, SKM., M. Kes(Epid) (2015) Peningkatan Pengetahuan Anemia Dan Perilaku Makan Pada Remaja Putri Sesudah Diberikan Pendidikan Gizi Dengan Media Komik. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Download (404kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (641kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (111kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (405kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
Abstract
Pendahuluan : Anemia merupakan masalah gizi utama yang masih dihadapi oleh pemerintah Indonesia. Dampak dari kejadian anemia pada remaja putri dapat menurunkan konsentrasi dan prestasi belajar, serta mempengaruhi produktivitas di kalangan remaja putri. Pendidikan gizi dengan media komik pada remaja putri Sekolah Menengah Pertama dengan tujuan meningkatkan pengetahuan anemia dan berpengaruh terhadap perilaku pemilihan makan yang diharapkan akan mencegah dan menanggulangi kejadian anemia. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media komik terhadap peningkatan pengetahuan anemia dan perilaku pada remaja putri. Metode Penelitian : Penelitian ini termasuk dalam penelitian Quasy Eksperiment dengan rancangan pretest post test control group design. Penelitian dilakukan terhadap 39 sampel, kelompok intervensi yaitu kelompok yang diberikan pendidikan gizi menggunakan media komik. Pendidikan gizi pada kelompok intervensi diberikan selama 1 minggu dengan media komik. Pengetahuan anemia pada kelompok intervensi dilihat berdasarkan hasil pretest dan posttest. Perilaku makan dilihat pada saat awal penelitian dan 1 bulan setelah kelompok intervensi diberikan pendidikan gizi Hasil : Secara statistik terdapat perbedaan peningkatan pengetahuan anemia pada kelompok yang mendapatkan pendidikan gizi (p=0,000). Hasil penelitian juga menyatakan bahwa terdapat perbedaan perubahan perilaku makan remaja putri pada kelompok intervensi (p=0,021). Simpulan : Pendidikan gizi dengan media komik dapat meningkatkan pengetahuan anemia dan mengubah perilaku makan remaja putri.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan gizi, komik, pengetahuan anemia, perilaku makan,remaja putri. |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) R Medicine > RN Nutrition |
Divisions: | Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi |
Depositing User: | Anggit Sena Sasmita |
Date Deposited: | 16 Oct 2015 08:08 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 06:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37758 |
Actions (login required)
View Item |