Register Pedagang Pasar Karangkobar, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara Dengan Dialek Banyumasan: Tinjauan Sosiolinguistik

Arizka Nudia Tami, Ayu and , Drs. Andi Haris Prabawa, M. Hum. (2015) Register Pedagang Pasar Karangkobar, Kecamatan Karangkobar, Kabupaten Banjarnegara Dengan Dialek Banyumasan: Tinjauan Sosiolinguistik. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (629kB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (759kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (226kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (487kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf

Download (201kB)

Abstract

Muhammadiyah Surakarta, 2015, 68 Halaman Register salah satu cabang kajian sosiolinguistik yang mempelajari bahasa bidang-bidang tertentu. Karakteristik masing-masing komunitas bahasa maupun bidang-bidang tertentu bisa menjadikan bahasa yang digunakan menjadi unik. Bahasa dijumpai di mana-mana, kehidupan manusia normal tidak dapat dipisahkan dari bahasa. Hadirnya bahasa dalam kehidupan manusia sangat penting sehingga pada awal kajian tentang sosiolinguistik. Penelitian ini memiliki dua tujuan 1) menganalisis bentuk-bentuk register pedagang pasar Karangkobar, kecamatan Karangkobar, kabupaten Banjarnegara dengan dialek Banyumasan dan 2) menganalisis faktor-faktor penyebab munculnya register pedagang pasar Karangkobar, kecamatan Karangkobar, kabupaten Banjarnegara dengan dialek Banyumasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Penelitian ini berbentuk deskriptif karena tujuan penelitian ini mendeskripsikan bentuk-bentuk register dan faktor penyebab munculnya register pada pedagang pasar Karangkobar dengan menggunakan dialek Banyumasan. Metode pengumpulan data menggunakan metode simak dan catat sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan teknik sadap. Berdasarkan hasil penelitian dapat dilihat dari adanya variasi bahasa atau dialek Banyumasan yang dituturkan oleh masyarakat Karangkobar, Banjarnegara memiliki keunikan jika dibandingkan dengan dialek Solo yang lebih halus karena terdapat faktor sosial dan sejarah. Berdasarkan kategori jenis kata, bentuk register ditemukan beberapa jenis kata 1) kata benda (nomina),2) kata kerja (verba), 3) kata ganti (pronomina),4) kata keterangan (adverbia), 5) kata sambung (conjuctio),6)kata depan (prepositio), dan 7) kata seru (interjectio).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: sosiolinguistik, register, dan pedagang pasar Karangkobar
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ayu Arizka Nudia Tami
Date Deposited: 15 Oct 2015 04:10
Last Modified: 07 Oct 2021 14:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37724

Actions (login required)

View Item View Item