Laresa, Dwicky and , Achmad Dwityanto, S.Psi., M.Si. (2015) Hubungan Antara Gaya Kepemimpinan Demokratis Dengan Kinerja Guru Di Smp Negeri 1 Ngemplak. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Nahkah Publikasi)
02. Nahkah Publikasi.pdf Download (736kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf Download (851kB) |
|
PDF (BAB I)
04. BAB 1.pdf Download (161kB) |
|
PDF (BAB II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
PDF (BAB III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (204kB) |
|
PDF (BAB IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) |
|
PDF (BAB V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
09. Daftar Pustaka.pdf Download (95kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (481kB) |
Abstract
Setiap sekolah pasti memiliki harapan untuk terciptanya kinerja yang tinggi dari setiap guru. Namun tidak semua guru dapat bekerja sesuai harapan dan tujuan serta memiliki kinerja yang tinggi. Yang ditandai dengan belum terpenuhinya kualifikasi, tanggung jawab sebagai pengajar yang rendah dan tingkat kedisiplinan yang rendah yang akan berdampak negatif salah satunya reputasi dan citra sekolah di masyarakat. Dengan adanya gaya kepemimpinan demokratis diharapkan guru dapat meningkatkan kinerja yang tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui hubungan antara gaya kepemimpinan demokratis dengan kinerja guru, 2) Mengetahui tingkat gaya kepemimpinan demokratis, 3) Mengetahui tingkat kinerja guru, 4) Mengetahui peran gaya kepemimpinan demokratis terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan populasi seluruh guru di SMP Negeri 1 Ngemplak yang berjumlah 42 guru yang dipergunakan sebagai sampel. Maka dalam penelitian ini disebut study populasi. Metode menggunakan pendekatan kuantitatif dengan alat ukur dokumen kinerja dan skala gaya kepemimpinan demokratis. Sedangkan teknik analisis data menggunakan Product Moment dari pearson. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh koefisien korelasi r_(xy )= 0,614 dengan sig.= 0,000; p < 0,01. Sehingga hipotesis yang diajukan diterima, dapat dikatan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara gaya kepemimpinan demokratis dengan kinerja guru. Sumbangan efektif gaya kepemimpinan demokratis dengan kinerja guru sebesar 37,7% dan 62,3% sisanya dipengaruhi variabel lainnya. Tingkat gaya kepemimpinan demokratis termasuk dalam kategori tinggi dengan rerata empirik 119,17 dan rerata hipotetik 95. Tingkat kinerja guru termasuk ke dalam kategori tinggi dengan rerata empirik 81,64.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gaya kepemimpinan demokratis, kinerja guru |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Dwicky Laresa |
Date Deposited: | 08 Oct 2015 08:07 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 01:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37668 |
Actions (login required)
View Item |