Baralihan, Tanjung and , Susatyo Yuwono ,S. Psi, M. Si., Psi. (2014) Hubungan Antara Intensitas Komunikasi Interpersonal Dengan Motivasi Belajar. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf Download (236kB) |
|
PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
|
PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (167kB) |
|
PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) |
|
PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
09. Daftar Pustaka.pdf Download (151kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publiaksi)
01. Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
Abstract
Hubungan interpresonal memegang peranan penting dalam proses belajar mengajar. Dimana dalam hubungan interpersonal tersebut tidak lepas kaitannya dengan intensitas komunikasi interpersonal. Diharapkan ketika siswa memiliki intensitas komunikasi interpersonal yang baik dengan guru maupun antar sesame siswa mampu meningkatkan motivasi belajar siswa sehingga dapat meraih prestasi di sekolah. Namun pada kenyataannya ditemukan pelanggaranpelaggaran yang dilakukan siswa ketika disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas komunikasi interpersonal dengan motivasi belajar. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara intensitas komunikasi interpersonal dengan motivasi belajar. Subjek penelitian adalah seluruh siswa SMA di Surakarta dengan sampel penelitian siswa SMA Muhammadiyah 3 Surakarta dan siswa SMA Warga Surakarta sejumlah 113 siswa. Penelitian ini menggunakan cluster random sampling dengan mengacak cluster atau kelompok-kelompok yang akan dijadikan subjek penelitian. Pengumpulan data menggunakan skala intensitas komunikasi interpersonal dan skala motivasi belajar. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah product moment. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh korelasi (r) sebesar 0,666; p = 0,000; (p < 0,01). Tingkat intensitas komunikasi interpersonal dengan Rerata Empirik (RE) sebesar 67,39 dan Rerata hipotetik sebesar 57,5. Tingkat motivasi belajar dengan Rerata Empirik(RE) sebesar 109,66 dan Rerata Hipotetik (RH) sebesar 95. Sumbangan efektif variabel intensitas komunikasi interpersonal terhadap motivasi belajar yang ditunjukkan oleh koefisien determinan = 0,444. Tingkat intensitas komunikasi interpersonal dan tingkat motivasi belajar yang yang termasuk kategori tinggi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar, intensitas komunikasi interpersonal |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Cahyana K. Widada |
Date Deposited: | 07 Oct 2015 01:21 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 01:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37625 |
Actions (login required)
View Item |