ASTUTI, RENY SUCI (2009) HUBUNGAN ANTARA KETELADANAN PENDIDIK DALAM INTERAKSI EDUKATIF DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
F100040242.pdf Download (43kB) |
|
PDF
F100040242.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) |
Abstract
Di dalam dunia pendidikan yang semakin berkembang, kemandirian belajar sangat penting dimiliki oleh setiap anak didik. Perilaku mandiri merupakan aspek yang dibutuhkan individu dalam proses belajar mengajar yang berdampak positif pada kualitas belajar individu. Kemandirian belajar pada dasarnya dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya adalah faktor pendidik dimana pendidik memberikan keteladanannya dalam proses belajar mengajar sehingga akan mendorong timbulnya kemandirian belajar pada anak didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara keteladanan pendidik dalam interaksi efukatif dengan kemandirian belajar siswa. Hipotesis yang diajukan yaitu ada hubungan antara keteladanan pendidik dalam interaksi edukatif dengan kemandirian belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas 1 dan 2 SMA Bopkri Banguntapan yang berjumlah 80 siswa. Subjek penelitian ini adalah 40 siswa kelas 2 SMA BOPKRI Banguntapan sedangkan subjek untuk tryout berjumlah 40 siswa kelas 1 yang diambil dari populasi. Tidak ada teknik pengampilan sampel alasannya karena pemilihan sample dengan menggunakan study populasi sehingga sampel sudah ditentukan dahulu jumlah dan kelasnya. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala keteladanan pendidik dalam interaksi edukatif dan skala kemandirian belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada hubungan yang sangat signifikan antara keteladanan pendidik dalam interaksi efukatif dengan kemandirian belajar siswa artinya semakin tinggi keteladanan pendidik dalam interaksi edukatif maka semakin tinggi pula kemandirian belajar siswa begitu pula sebaliknya. Berdasarkan hasil analisis menggunakan Product moment diperoleh nilai r = 0,484 dengan p < 0,01 artinya ada hubungan yang sangat signifikan antara keteladanan pendidik dalam interaksi edukatif dengan kemandirian belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui kategori skala keteladanan pendidik dalam interaksi edukatif tergolong tinggi ditunjukkan oleh rerata empiric = 36,525 dan rerata hipotetik = 108. sedangkan kategori skala kemandirian belajar tergolong tinggi ditunjukkan oleh rerata empirik = 132,025 dan rerata hipotetik = 108. Berdasarkan hasil penelitian, sumbangan efektif keteladanan pendidik dalam interaksi edukatif terhadap kemandirian belajar siswa sebesar 23,4 % sehingga masih terdapat 76,6 % variabel lain yang mempengaruhi kemandirian belajar seperti faktor fisiologis, faktor psikologis, faktor lingkungan dan faktor sarana prasarana.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | KETELADANAN, INTERAKSI EDUKATIF, KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 28 Jul 2009 07:28 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 11:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3758 |
Actions (login required)
View Item |