Analisis Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Perubahan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2012

Vera, Nofi Nuci and , Drs. Agus Endro Suwarno, M.Si and , Eny Kusumawati, S.E., M.M., Ak, CA (2015) Analisis Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Perubahan Laba Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
03. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (615kB)
[img] PDF (Bab I)
04. BAB I.pdf

Download (162kB)
[img] PDF (Bab II)
05. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)
[img] PDF (Bab III)
06. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img] PDF (Bab IV)
07. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab V)
08. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (Lampiran)
10. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
02. NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (430kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
01. SURAT PERNYATAAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Rasio Keuangan Dalam Memprediksi Perubahan Laba Pada Perusahaan Mnufaktur Sektor Industri Dasar Dan Kimia Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2008-2012”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh rasio keuangan seperti (current ratio, debt to equity ratio, total asset turnover, return on investenentdan price earning ratio) dalam memprediksi perubahan laba pada perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2012. Prediksi perubahan laba sangat penting pengaruhnya bagi para investor dalam pengambilan keputusan investasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh dari ICMD (Indonesia Capital Market Directory dan wibside. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2008 sampai dengan 2012 yang menerbitkan laporan keuangannya pada tahun tersebut dan memiliki variabel terikat dalam penelitian ini. Dengan sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 42 perusahaan. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel debt to equity ratio (DER), total asset turnover (TAT), dan price earning ratio (PER) berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap perubahan laba. Sedangkan variabel current ratio (CR) dan Return on investement (ROI) tidak berpengaruh secara signifikan dab positif terhadap perubahan laba.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: current ratio (CR), debt to equity ratio (DER), total asst turnover (TAT), return on investement (ROI), price earning ratio (PER) dan perubahan laba.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 30 Sep 2015 04:08
Last Modified: 11 Oct 2021 13:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37531

Actions (login required)

View Item View Item