Pramesthi, Dhikka and , Dra. Partini, M.Si. (2015) Hubungan Antara Konsep Diri Akademik Dengan Kemandirian Belajar Matematika. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Halaman Depan)
halaman depan.pdf Download (383kB) |
|
PDF (Bab I)
bab 1.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Bab II)
bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
|
PDF (Bab III)
bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
|
PDF (Bab IV)
bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
|
PDF (Bab V)
bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
daftar pustaka.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah publikasi.pdf Download (268kB) |
Abstract
Kebutuhan akan pemahaman dan penerapan konsep-konsep matematika dalam berbagai lapangan kehidupan ini belum disadari dengan baik, karena kenyataan menunjukkan bahwa kemandirian siswa-siswa dalam pelajaran matematika relatif rendah sehingga sangat jarang ditemukan siswa yang memahami konsep dan penerapan matematika dengan baik. Kenyataan ini tentu mengkhawatirkan di tengah ketertinggalan bangsa Indonesia dalam bidang iptek dibandingkan dengan negara-negara lain. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui : 1) Hubungan antara konsep diri akademik dengan kemandirian belajar matematika pada siswa SMP; 2) Tingkat konsep diri akademik dan kemandirian belajar matematika pada siswa SMP; 3) Sumbangan atau peran konsep diri akademik terhadap kemandirian belajar matematika pada siswa SMP. Hipotesis yang diajukan: Ada hubungan positif antara konsep diri akademik dengan kemandirian belajar matematika, semakin tinggi konsep diri akademik maka akan semakin tinggi pula kemandirian belajar matematika, begitu pula sebaliknya. Subjek penelitian siswa-siswi SMP N 23 Surakarta kelas VIIIc, VIIId, dan VIIIe sebanyak 70 siswa. Alat ukur yang digunakan yaitu: skala konsep diri akademik dan akala kemandirian belajar matematika. Analisis data yang digunakan korelasi product moment. Berdasarkan analisis diperoleh nilai korelasi r = 0,437; p = 0,000 (p < 0,01). Hasil ini menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara konsep diri akademik dengan kemandirian belajar matematika. Sumbangan efektif konsep diri akademik terhadap kemandirian belajar matematika sebesar 19,1% maka masih terdapat 80,9 faktor-faktor lain yang mempengaruhi kemandirian belajar matematika selain variabel konsep diri akademik Berdasarkan hasil analisis diketahui konsep diri akademik pada subjek penelitian tergolong sedang ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) = 55,94; dan rerata hipotetik (RH) =55. Sementara itu kemandirian belajar matematika pada subjek penelitian juga tergolong sedang, ditunjukkan oleh rerata empirik (RE) = 93,44 dan rerata hipotetik (RH) =85.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konsep Diri Akademik, Kemandirian Belajar Matematika |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Setiawan Setiawan BL |
Date Deposited: | 18 Sep 2015 03:18 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 12:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37475 |
Actions (login required)
View Item |