Efektivitas Penggunaan Metode Numbered Head Together (NHT) Dalam Materi Bentuk Muka Bumi Yang Dihasilakan Oleh Tenaga Endogen Kelas VII SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo

Nurhidayah, Tri and , Drs. Suharjo, M.S (2015) Efektivitas Penggunaan Metode Numbered Head Together (NHT) Dalam Materi Bentuk Muka Bumi Yang Dihasilakan Oleh Tenaga Endogen Kelas VII SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img] PDF (Full Text)
FULL TEXT.pdf

Download (36MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran Numbered Head Together dapat mencapai tujuan pembelajaran pada materi bentuk muka bumi yang dihasilkan oleh tenaga endogen, dan mengetahui apakah metode Numbered Head together lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional (ceramah). Populasi dan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gatak Sukoharjo tahun 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gatak sukoharjo, yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol terdiri dari kelas VII A, VII B dan kelas VII D. Sedangkan kelas eksperimen yaitu terdiri dari kelas VII C, VII E, VII F, VII G, dan kelas VII H. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis menggunakan uji Mann-whitney dan uji wilcoxon yang sebelumya dilakukan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan nilai rata-rata pre test dan post test kelas kontrol dan kelas eksperimen. Nilai rata-rata pre test kelas kontrol sebesar 42,39, dan nilai rata-rata pos test sebesar 74,62, sedangkan nilai rata-rata pre test kelas eksperimen sebesar 37,73, dan nilai rata-rata post test 83,8. KKM yang di tentukan oleh sekolahan adalah 75. Hal ini menunjukkan nilai rata-rata metode Numbered Head Together (NHT) mengalami peningkatan dibandingkan dengan metode konvensional (ceramah). Artinya metode Numbered Head Together dapat mencapai tujuan pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), sebagaimana hasil uji mann-whitney post test kelas kontrol dan kelas eksperimen sebesar 0,000 maka Ho di tolak sehingga ada perbedaan antara metode Numbered Head Together (NHT) dan metode konvensional (ceramah). Kesimpulanya bahwa metode Numbered Head Together (NHT) lebih efektif dibandingkan dengan metode konvensional (ceramah).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode Numbered Head Together (NHT), Ilmu Pengetahuan Sosial.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Tri Nurhidayah
Date Deposited: 03 Sep 2015 02:23
Last Modified: 11 Oct 2021 06:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37325

Actions (login required)

View Item View Item