Analisis Pengaruh Leverage (DER), Total Assets Turnover (TATO), Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Real Estate Dan Property Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2010-2012

Sarbini, Sarbini and , Drs. M. Nasir, M.M. (2015) Analisis Pengaruh Leverage (DER), Total Assets Turnover (TATO), Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Real Estate Dan Property Yang Terdaftar Di BEI Tahun 2010-2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (257kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (204kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (186kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian empiris yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh faktor fundamental yang terdiri dari Debt To Equity Ratio (DER), Total Assets Turnover (TATO),dan Ukuran Perusahaan terhadap Profitabilitas pada perusahaan Real Estate dan Property yang terdaftar di BEI tahun 2010-2012. Dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Sehingga diperoleh sampel sebanyak 40 perusahaan yang memenuhi kriteria untuk digunakan sampel dalam penelitian ini, dengan periode selama 3 tahun, yang bergerak dibidang Real Estate dan Property, Laporan keuangan berasal dari BEI pada tahun 2010-2012. Sehingga diperoleh data sebanyak 120 (40 x 3) tetapi, karena dalam pengolahan data ditemukan data yang ekstrim maka, dikurangi 2 data sehingga menjadi 118 data. Alat analisis yang digunakan adalah statistik deskripsi, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, diperoleh kesimpulan bahwa hasil analisis Uji t menunjukkan bahwa variable Debt To Equity Ratio (DER), secara parsial tidak membuktikan hipotesisnya bahwa variabel Debt To Equity Ratio (DER) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap profitabilitas, sedangkan variabel Total Assets Turnover (TATO) dan Ukuran Perusahaan berpengaruh secara signifikan terhadap Profitabilitas. Sedangkan hasil dari Uji F menunjukkan bahwa variabel Debt to Equity Ratio, Total Assets Turnover, dan Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan secara simultan terhadap variabel Profitabilitas. Hasil dari Koofisien determinasi menunjukkan bahwa variabel Debt To Equity Ratio (DER), Total Assets Turnover (TATO), dan Ukuran Perusahaan hanya dapat memberikan pengaruhnya terhadap variabel Profitabilitas sebesar 42%, sedangkan sisanya 58% dipengaruhi oleh variabel lain diluar model, jadi pengaruh masing-masing variabel independen terhadap variabel dependen masih kurang atau lemah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Debt To Equity Ratio, Total asset turnover, Ukuran Perusahaan, Return On Assets
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Kurnia Utami
Date Deposited: 20 Aug 2015 07:12
Last Modified: 10 Oct 2021 15:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/37159

Actions (login required)

View Item View Item