PEMBELAJARAN DI TK AL AZHAR SOLO BARU DITINJAU DARI SUDUT PANDANG MULTIPLE INTELLIGENCES

ASMAWULAN , TRI (2009) PEMBELAJARAN DI TK AL AZHAR SOLO BARU DITINJAU DARI SUDUT PANDANG MULTIPLE INTELLIGENCES. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100040089.pdf

Download (43kB)
[img] PDF
F100040089.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (807kB)

Abstract

PEMBELAJARAN DI TK AL AZHAR SOLO BARU DITINJAU DARI SUDUT PANDANG MULTIPLE INTELLIGENCES Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran di TK Al Azhar Solo Baru dan menganalisis pembelajaran ditinjau menurut pengembangan Multiple Intelligences peserta didik. Penelitian ini dilakukan karena pada dasarnya aspek kecerdasan tidak hanya terbatas pada kecerdasan logis matematis dan verbal (linguistik) saja, tetapi jauh lebih luas berkembangnya kemampuan koordinasi otot (kinestetis), kemampuan kepekaan menangkap bunyi (musikal), kemampuan memvisualisasikan gambar (spasial), kemampuan berhubungan dengan orang lain (interpersonal), kemampuan pengenalan diri sendiri (intrapersonal), dan kemampuan mencintai lingkungan alam (naturalis). Pengembangan berbagai aspek kecerdasan ini sangat penting dalam menyelesaikan berbagai tugas. Menurut Gardner terdapat delapan aspek kecerdasan dalam diri setiap individu. Aspek kecerdasan tersebut adalah linguistik, logis matematis, spasial, kinestetis, musikal, ntrapersonal, interpersonal, dan kecerdasan naturalis. Selain itu, banyak para pendidik di TK membatasi kreativitas anak dengan metode mengajar yang lebih banyak menggunakan metode ceramah, buku pelajaran, lembar latihan, tugas rumah dan tes. Hal ini secara psikologis bertentangan dengan prinsip-prinsip perkembangan anak dan akan merugikan anak didik TK. Teori Multiple Intelligences diharapkan dapat diterapkan dalam pembelajaran di sekolah TK, terutama untuk sekolah-sekolah TK unggulan yang sudah mapan, seperti TK Al Azhar Solo Baru, sehingga dengan menerapkan pembelajaran berdasarkan Multiple Intelligences, sekolah TK akan benar-benar mampu memfasilitasi berkembangnya beragam potensi murid. Informan dalam penelitian ini berjumlah 3 orang yang diambil secara purposive sampling. Ciri-ciri adalah a) terdaftar sebagai guru TK Al Azhar Solo Baru, b) wali kelas di TK AL Azhar Solo Baru. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif naratif. Hasil analisis menunjukkan bahwa pada dasarnya TK Al Azhar Solo Baru sudah dapat menerapkan pembelajaran berdasar teori Multiple Intelligences. Jika dilihat dari karakteristik pembelajaran yang diterapkan di TK Al Azhar tersebut ditinjau dari teori Multiple Intelligences masih terdapat aspek kecerdasan yang masih perlu untuk ditekankan lagi yaitu aspek naturalis.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Multiple Intelligences, Pembelajaran TK.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2009 08:54
Last Modified: 03 Jan 2012 09:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3707

Actions (login required)

View Item View Item