EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS VERBAL PADA MASA ANAK SEKOLAH

ASTUTI , FITRI (2009) EFEKTIVITAS PERMAINAN TRADISIONAL UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS VERBAL PADA MASA ANAK SEKOLAH. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
F100040068.pdf

Download (109kB)
[img] PDF
F100040068.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (891kB)

Abstract

Kemampuan kreatif dibutuhkan dalam semua bidang kegiatan manusia, baik di dalam keluarga, sekolah, ataupun dalam masyarakat. Orang yang tidak kreatif kehidupannya statis dan sulit sekali meraih keberhasilan. Zaman yang sudah mengglobal dan penuh dengan persaingan keras sekarang ini membutuhkan kreativitas yang sangat tinggi. Namun sistem pengajaran di sekolah terlalu menekankan pada penyelesaian tugas-tugas yang mengharuskan siswa mencari satu jawaban yang benar (berpikir konvergen) seperti yang dikemukakan oleh Mulandari (2004), sementara kemampuan berpikir divergen atau kreatif, yaitu menjajaki berbagai kemungkinan jawaban atas suatu masalah jarang diperhatikan, sehingga kreativitas verbal anak akan menurun. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sejauh mana efektivitas permainan tradisional dalam meningkatkan kreativitas verbal pada masa anak sekolah. Hipotesis penelitian ini adalah permainan tradisional efektif dalam meningkatkan kreativitas verbal pada masa anak sekolah. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V Sekolah Dasar Negeri I Badran, Kranggan, Temanggung, dengan teknik pengambilan sampel purpossive non random sampling dengan memiliki ciri-ciri anak yang berusia 10 – 12 tahun; memiliki skor Tes Kreativitas Verbal rendah dan agak rendah; memakai bahasa Indonesia dalam pergaulan sehari-hari. Metode pengumpulan data metode tes, sedangkan analisis data yang digunakan adalah metode analisis non parametrik dengan rumus Mann Whitney U Test. Hasil analisis menggunakan Mann Whitney U Test diperoleh nilai sebesar Z = - 3,247 dengan p = 0,001 (p < 0,05). Nilai rata-rata post test kreativitas verbal pada kelompok eksperimen = 17,17 dan kelompok kontrol = 7,83. Nilai rata-rata ini dapat diinterpretasi bahwa ada perbedaan atau selisih nilai rata-rata post test kreativitas verbal pada kedua kelompok. Perbedaan tersebut signifikan karena nilai taraf signifikansi p = 0,001 (p < 0,05). Artinya permainan tradisional efektif dalam meningkatkan kreativitas verbal pada masa anak sekolah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: permainan tradisional, kreativitas verbal.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2009 08:11
Last Modified: 27 Oct 2011 06:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3700

Actions (login required)

View Item View Item