Hermawan, M Heru and , Prof. Harun Joko Prayitno, M.Hum. and , Drs. Andi Haris Prabawa, M. Hum. (2015) Implikatur pada Wacana Sepanduk Iklan Kendaraan Bermotor di Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (764kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (994kB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (689kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (701kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (688kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (695kB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (688kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
|
PDF (Full Text)
FULL TEXT.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan dan menjelaskan bentuk implikatur pada wacana sepanduk iklan kendaraan bermotor di Surakarta, (2) Mengidentifikasi maksud implikatur pada wacana sepanduk iklan kendaraan bermotor di Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data penelitian ini yaitu wacana sepanduk untuk dianalisis dan diteliti maksud implikatur yang terdapat pada kendaraan bermotor di Surakarta. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode simak dan metode catat. Teknik analisis data menggunakan metode padan ekstralingual yaitu menganalisis unsur yang sifatnya ekstralingual seperti menghubungkan masalah bahasa dengan hal yang berada di luar bahasa. Hasil penelitian ini adalah Bentuk implikatur konvensional tersebut merupakan bentuk iklan penjualan sepeda motor bermacam tipe dengan berbagai macam keunggulan, seperti pada data (01/New Mio), (02/Mio Fino), dan (03/Mio GT), secara harafiah mereka menjual sepeda motor MIO dengan kelebihan yang dimiliki masing-masing, jadi tidak ada maksud lain dalam penjualan tersebut. Selain itu ada bentuk mengiklankan dealer dengan memberikan harga murah pada produk yang mereka jual seperti dalam brosur honda. Pada data (04/Honda New Beat), (05/Honda New Beat), (09/Dealer Panorama), (06/Dealer Honda) dan (06/Dealer Honda), merupakan bentuk pengiklanan dealer yang maksudnya adalah memperkenalkan dealer agar diketahui banyak masyarakat. Untuk menarik minat masyarakat, dealer tersebut mencoba memberikan berbagai macam layanan seperti, memberikan kredit dengan bunga ringan, melayani servis, dan juga memberikan hadiah kepada pelanggan dalam bentuk undian. Maksud implikatur ditemukan bahwa terdapat banyak maksud dalam satu iklan, seperti mengiklankan produk sepeda motor dengan keistimewaannya, dan juga mengiklankan produk baru dari sepeda motor tersebut seperti dalam data (01/New Mio), (02/Mio Fino), dan (03/Mio GT). Selain itu ada juga yang bermaksud untuk mengiklankan produk motor dan juga mengiklankan dealer penjualnya, seperti dalam data (04/Honda New Beat), (05/Honda New Beat), (09/Dealer Panorama), (06/Dealer Honda) dan (06/Dealer Honda)
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | implikatur, wacana, slogan kendaraan motor |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | M. Heru Hermawan |
Date Deposited: | 12 Aug 2015 01:58 |
Last Modified: | 07 Oct 2021 14:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36911 |
Actions (login required)
View Item |