Pradiansyah, Aditya and , Dra. Partini, M.Si. (2015) Makna Plagiarisme Bagi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
This is the latest version of this item.
PDF (Naskah Publikasi)
02. Naskah Publikasi.pdf Download (755kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
03. Halaman Depan.pdf Download (810kB) |
|
PDF (BAB I)
04. BAB I.pdf Download (212kB) |
|
PDF (BAB II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
|
PDF (BAB III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
|
PDF (BAB IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (249kB) |
|
PDF (BAB V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
09. Daftar Pustaka.pdf Download (209kB) |
|
PDF (Lampiran)
10. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (Surat Pernyataan Publikasi Karya Ilmiah)
01. Surat Pernyataan Publikasi karya Ilmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
Abstract
Perilaku-perilaku ketidakjujuran seperti plagiarisme yang terjadi dikalangan mahasiswa sebaiknya tidak di anggap remeh, karena semakin lama apabila tidak ditindak lanjuti akan menjadi salah satu penyakit yang berbahaya yang tak kunjung ada solusinya. Tindakan plagiat atau tindakan menyalin tugas mahasiswa lain ataupun mengambil contoh tugas yang sama dari internet, tindakan seperti itu menjadi salah satu cara instan yang mudah dilakukan oleh mahasiswa, karena yang seharusnya terjadi di dalam lingkungan akademik kampus ialah mahasiswa harus sadar betul tanggungjawabnya sebagai mahasiswa dan harus percaya diri kepada kemampuan yang dimilikinya untuk selalu menjaga etika yang baik sebagai tokoh intelektual dalam mengerjakan tugas kuliah yang diberikan oleh dosen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui makna plagiarisme bagi mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta, bentuk-bentuk plagiarisme yang dilakukan mahasiswa, dan faktor penyebab mahasiswa melakukan plagiarisme. Informan pada penelitian ini diambil dengan cara purposive sampling yaitu mahasiswa-mahasiswi yang berjumlah 120 dari berbagai angkatan yang masih aktif kuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta, yang diambil secara representative (keterwakilan) dari 12 Fakultas di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Metode pengambilan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner terbuka. Hasil penelitian menemukan bahwasanya mayoritas mahasiswa telah mengetahui pengertian dari plagiarisme, namun mahasiswa mengganggap plagiarisme sebagai suatu tindakan yang biasa dan wajar dilakukan pada kalangan mahasiswa. Bentuk-bentuk plagiarisme yang dilakukan yakni dengan cara copy paste dari internet dan dengan cara menyalin tugas kuliah temannya. Mayoritas mahasiswa ketika mengerjakan tugas kuliah yang diberikan oleh dosen, mahasiswa tidak mencantumkan sumber referensi didalam tugas kuliahnya. Faktor-faktor yang menyebabkan mahasiswa melakukan plagiarisme, karena mahasiswa mencari jalan pintas dan ingin mengambil gampangnya saja tanpa perlu berusaha mencari sumber referensi-referensi yang terkait tugas kuliahnya. Mahasiswa beralasan melakukan cara instan (plagiarisme) tersebut karena lebih efisien waktu, cepat selesai dan mudah, serta menyalin atau meniru tugas teman karena lebih mudah dilakukan, praktis, dan cepat selesai.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : mahasiswa plagiarisme, makna plagiarisme, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta |
Subjects: | Q Science > QP Physiology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Aditya Pradiansyah |
Date Deposited: | 11 Aug 2015 07:28 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 03:49 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36885 |
Available Versions of this Item
-
Makna Plagiarisme Bagi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. (deposited 11 Aug 2015 07:11)
- Makna Plagiarisme Bagi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta. (deposited 11 Aug 2015 07:28) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |