Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Kasus Low Back Pain (LBP) Akibat Spondylosis dengan Modalitas Tensdan William Flexion Exercise di RS PKU Muhammadiyah Surakarta

Noviansari, Henty and , Maskun Pudjianto, SMPh., M.Kes (2015) Penatalaksanaan Fisioterapi Pada Kasus Low Back Pain (LBP) Akibat Spondylosis dengan Modalitas Tensdan William Flexion Exercise di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (NASKAH PUBLIKASI)
02 NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (291kB)
[img] PDF (HALAMAN DEPAN)
03 HALAMAN JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (BAB I)
04 BAB I.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (BAB II)
05 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (371kB)
[img] PDF (BAB III)
06 BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (BAB IV)
07 BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] PDF (BAB V)
08 BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img] PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (LAMPIRAN)
10 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
01 SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)

Abstract

LatarBelakang:Dalam mewujudkan manusia Indonesia sehat maka setiap warga Negara Indonesia berhak memperoleh derajat kesehatan yang setinggi-tingginya yang meliputi kesehatan jasmani, rohani, dan sosial. Kemajuan dibidang industry telah membawa kemudahan bagi kehidupan manusia, namun demikian, masih terdapat persoalan–persoalan dalam dunia kerja yang tidak dapat diatasi dengan teknologi yang ada, sehingga interaksi antara pekerja dengan lingkungan dan.Upaya tersebut bersifat dinamis yang meliputi beberapa upaya, antara lain peningkatan atau promotive,pencegahan atau preventive,penyembuhan atau curative,pemulihan atau rehabilitativ Tujuan :untuk memahami penatalaksanaan fisioterapi pada kasus low back painakibat spondylosisdengan modalitas tens dan wiliam flexion exerciseuntuk mengurangi nyeri akibat kekakuan pada kelompok otot ektensor lumbal akibat spondylosis. Hasil :Setelah mendapatkan penanganan fisioterapi sebanyak 6 kali dengan modalitas Transcutaneous Elektrical Nerve Stimulation(TENS ) dan William flexion exercise dapat mengurangi nyeri pada punggung bawah. Kesimpulan : Setelah mendapatkan terapi TENS dan william flexion exercise sebanyak 6 kali didapatkan hasil bahwa terdapat penurunan nyeri dan peningkatan lingkup gerak sendi lumbal. Dengan hasil tersebut dapat mengatasi permasalahan nyeri saat duduk lama, berdiri lama, berjalan jauh, duduk keberdiri.Hal ini membuktikan bahwa pemberian terapi TENS dapat mengurangi nyeri dan terapi william flexion exercise dapat merileksasikan otot-otot punggung pada kasus nyeri punggung bawah akibat spondylosis lumbal.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Low Back Pain(LBP), Spondylosis,TENS( transcutaneous electrical nerve stimulasion) , william flexion exercise.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D3
Depositing User: Henty Noviansari
Date Deposited: 10 Aug 2015 06:23
Last Modified: 10 Oct 2021 07:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36688

Actions (login required)

View Item View Item