Analisis Rasio Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Rokok (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bei Periode 2010-2013)

Choirun Nisa, Noviyanti and , Drs. Agus Muqorrobin, M.M. (2015) Analisis Rasio Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Rokok (Studi Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bei Periode 2010-2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HAL DEPAN.pdf

Download (637kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB 1.pdf

Download (191kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (444kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (110kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (641kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kinerja keuangan perusahaan industri rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang meliputi PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk, PT. Gudang Garam Tbk dan PT. Bentoel Investama Tbk selama periode 2010 sampai 2013 yang ditinjau dari rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio profitabilitas dan rasio aktivitas.Berdasarkan hasil penelitian diharapkan memberikan masukan atau informasi bagi perusahaan yang dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan dalam meningkatkan kinerja keuangan di masa yang akan datang. Pengujian Hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis rasio keuangan yang terdiri dari dari rasio likuiditas, rasio solvabilitas, rasio profitabilitas dan rasio aktivitas. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang berasal dariPT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk, PT. Gudang Garam Tbk dan PT. Bentoel Investama Tbk di Bursa Efek Indonesia. Sumber data tersebut berdasarkan dari laporan keuangan PT. Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk, PT. Gudang Garam Tbk dan PT. Bentoel Investama Tbk yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data tersebut berupa laporan keuangan periodik perusahaan tahun 2010 sampai 2013. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dari rasio likuiditas yang terdiri dari rasio lancar (current ratio), rasio cepat (quick ratio), dan rasio kas (cash ratio) PT HM Sampoerna, PT Gudang Garam Tbk dan PT Bentoel Internasional Investaa Tbk memiliki hasil dibawah standar industri, yang artinya kurang baik dalam kemampuan memenuhi kewajiban (utang) jangka pendeknya, hal ini menunjukkan bahwa ketiga perusahaan kurang mampu menggunakan modal kerjanya secara efektif selama tahun 2010 sampai 2013. Hasil analisis rasio solvabilitas yang dilihat dari rasio utang atas modal (debt to equity ratio) dan rasio utang atas aktiva (debt to assets ratio)PT HM Sampoerna, dan PT Bentoel Internasional Investaa Tbk baik dalam kemampuan memenuhi kewajiban (utang) jangka panjangnya atau kewajiban-kewajibannya apabila perusahaan dilikuidasi dibandingkan dengan PT Gudang Garam Tbk. Rasio profitabilitas yang dilihat dari Gross Profit Margin, Net Profit Margin dan Return On EquityPT HM Sampoerna Tbk lebih unggul dalam kemampuan untuk menghasilkan keuntungan. dibandingkan dengan PT Gudang Garam Tbk dan PT Bentoel Internasional Investama Tbk. Sedangkan untuk rasio aktivitas PT HM Sampoerna Tbk lebih unggul nilai efektivitas perusahaan dalam menggunakan aktiva yang dimiliki perusahaan dibandingkan PT Bentoel Internasional Investama Tbk dan PT Gudang Garam Tbk

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kinerja keuangan, likuiditas, solvabilitas, aktivitas, dan profitabilitas
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Setiawan Setiawan BL
Date Deposited: 07 Aug 2015 07:47
Last Modified: 10 Oct 2021 07:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36571

Actions (login required)

View Item View Item