Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Pada Perusahaan Food And Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia

Putri, Pradipta Mahadevi and , Dra. Wuryaningsih Dwi Lestari, M.M (2015) Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure Pada Perusahaan Food And Beverages Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (209kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menguji pengaruh karakteristik perusahaan yang diproksikan ke dalam profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, likuiditas, dan ukuran dewan komisaris terhadap corporate social responsibility disclosure dalam laporan tahunan perusahaan food and beverages. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2011-2013 seperti yang tercantum dalam Indonesia Capital Market Directory (ICMD) dan website resmi BEI (www. idx.co.id). Perusahaan manufaktur digunakan sebagai populasi karena memiliki kewajiban untuk menyampaikan laporan tahunan kepada publik. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan food and beverages yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) dan sesuai dengan kriteria. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Hasil analisis regresi dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara profitabilitas, ukuran perusahaan, likuiditas, dan ukuran dewan komisaris terhadap corporate social responsibility disclosure. Sedangkan leverage secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan dan negatif terhadap corporate social responsibility disclosure. Hasil analisis regresi juga menunjukkan bahwa secara parsial profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, likuiditas, dan ukuran dewan komisaris bersama-sama memiliki pengaruh terhadap corporate social responsibility disclosure. Pengaruh adjusted R2 dalam penelitian ini sebesar 99,9% sedangkan sisanya sebesar 0,1% dipengaruhi oleh faktor yang lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik perusahaan, corporate social responsibility disclosure, corporate social responsibility (CSR).
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Setiawan Setiawan BL
Date Deposited: 07 Aug 2015 07:21
Last Modified: 10 Oct 2021 07:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36564

Actions (login required)

View Item View Item