ASTUTIK, NIKA DWI and , Danang Tunjung Laksono, S.Pd M.Pd. (2015) Pemanfaatan Penggunaan Buku Siswa Mata Pelajaran PPKn Kelas Xi Pada Kurikulum 2013 (Studi Kasus pada Siswa Kelas XI IPS 3 di SMA Negeri 1 Gemolong). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikai)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (362kB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (868kB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (166kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (309kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (251kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (167kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menggambarkan penggunaan, kendala, dan solusi dari kendala penggunaan buku siswa pada mata pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Gemolong. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Validitasnya menggunakan triangulasi sumber data dari narasumber, dokumen, dan peristiwa serta triangulasi teknik dari observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penggunaan buku siswa dalam pelajaran PPKn di SMA Negeri 1 Gemolong secara relatif sudah dapat terlaksana. Penggunaan buku siswa mencakup dari buku pengangan bagi siswa, penilaian dan penugasan dan buku LKS. Penggunaan buku siswa dapat dilihat dari aspek segi materi dan segi isi. Penggunaan buku siswa berdasarkan penilaian dan penugasaan dilaksanakan dengan menggunakan teknik tes tertulis, tes lisan dan penugasaan. Sedangakan teknik yang belum dilaksanakan atau belum dipahami, yaitu teknik tes lisan. Kendala penggunaan buku siswa yaitu seperti keterbatasan kertas, saat proses pembelajaran ada yang tidak membawa buku pelajaran, terdapat soal yang sukar dikerjakan, terdapat siswa yang belum mengumpulkan tes penugasan dan belum tuntas, keterbatasan waktu guru untuk mengkoreksi pekerjaan siswa dan hasil pekerjaan siswa yang sudah dikoreksi tidak dikembalikan, serta teknis yang digunakan dalam tes lisan berbeda dengan pengertian dari tes lisan. Solusi dari penggunaan buku siswa, yaitu memanfaatkan kertas yang ada, menyuruh siswa untuk membuat tugas karena tidak membawa buku pelajaran saat proses KBM, melakukan remididiasi, berdiskusi dengan guru dalam membahas soal, melaksanakan koreksi silang, dan menggunakan tes lisan yang berbeda, yaitu guru bertanya dengan lisan, namun siswa menjawabnya dengan tulisan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penilaian, Buku Siswa, Kurikulum 2013, PPKn |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan |
Depositing User: | Nika Dwi Astutik |
Date Deposited: | 07 Aug 2015 06:26 |
Last Modified: | 06 Oct 2021 13:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36549 |
Actions (login required)
View Item |