PRIHATIN, Titik and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd AUD (2015) Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Media Piring Kertas Pada Anak Kelompok B Paud Al Hidayah Desa Lorog Kecamatan Tawangsari Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (310kB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (135kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (264kB) |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (314kB) |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (106kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (127kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (542kB) |
Abstract
Piring kertas adalah sebuah piring yang terbuat dari kertas yang biasa untuk tempat snack makanan ketika menjamu seseorang. Bentuknya ada yang persegi ada yang lingkaran, ada yang dari kertas emas, ada yang warna-warni sehingga menarik. Media piring kertas merupakan alat kreativitas yang digunakan dalam pembelajaran untuk membuat bentuk – bentuk binatang darat dan binatang air dengan piring dari kertas yang di buat berupa kepala ayam, dan bentuk ikan yang akan meningkatkan kreativitas anak. Fakta yang terjadi di PAUD banyak guru yang belum mengajarkan mengkreasikan piring kertas untuk meningkatkan kreativitas anak. Dalam sehari-hari pembelajaran bersifat konvensional, yang mana metode pembelajaran masih berpusat pada guru serta kurangnya sarana dan prasarana disekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak kelompok B di PAUD AL HIDAYAH Lorog Kecamatan Tawangsari Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan proses kerja 2 siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek peneliti adalah guru dan 14 anak kelompok B PAUD AL HIDAYAH Lorog Kecamatan Tawangsari. Hasil penelitian menyatakan bahwa dengan kegiatan mengkreasikan piring kertas dapat meningkatkan kreativitas anak PAUD AL HIDAYAH Lorog Kecamatan Tawangsari Tahun Ajaran 2014/2015. Adapun peningkatan rata-rata prosentase kreativitas anak dari sebelum tindakan sampai dengan siklus II yakni prasiklus 43,74 %, siklus I 62,49 %, Siklus II 86,38 %. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan kreativitas melalui media piring kertas di PAUD AL HIDAYAH Lorog Kecamatan Tawangsari Tahun Ajaran 2014/2015
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Piring Kertas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Titik Prihatin |
Date Deposited: | 05 Aug 2015 04:43 |
Last Modified: | 08 Oct 2021 05:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36157 |
Actions (login required)
View Item |