Arminingtyas, Ikha Junianti and , Siti Nurina Hakim, S.Psi, M.Si, Psi. (2015) Kemandirian Remaja Ditinjau Dari Persepsi Terhadap Pola Asuh Orang Tua Pada Siswa Smp Negeri 3 Teras Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (NASKAH PUBLIKASI)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (25MB) |
|
PDF (HALAMAN DEPAN)
03. Halaman Depan.pdf Download (51MB) |
|
PDF (BAB I)
04. BAB I.pdf Download (171kB) |
|
PDF (BAB II)
05. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (235kB) |
|
PDF (BAB III)
06. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
|
PDF (BAB IV)
07. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (229kB) |
|
PDF (BAB V)
08. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
|
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
09. Daftar Pustaka.pdf Download (209kB) |
|
PDF (LAMPIRAN)
10. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (256MB) |
|
PDF (SURAT PERNYATAAN PUBLIKASI)
Surat Pernyataan Publikasi Karya lmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
Abstract
Proses tumbuh kembang seorang anak berawal dari lingkungan keluarga. Orangtua merupakan lingkungan pertama yang bertanggung jawab memberikan pendidikan kepada anak-anaknya melalui proses pengasuhan termasuk dalam membentuk kemandirian. Pola asuh memiliki pengaruh tersendiri dalam membentuk kemandirian. Orangtua memiliki cara mengasuh anak yang berbedabeda, oleh karena itu akan menghasilkan kemandirian yang berbeda pula. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemandirian remaja ditinjau dari persepsi terhadap pola asuh orangtua pada siswa SMP Negeri 3 Teras Boyolali. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subjek penelitian yang digunakan adalah siswa kelas VIII F, D, dan E SMP Negeri 3 Teras Boyolali yang berjumlah 88 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster random sampling. Metode analisis dengan teknik komparasi one way anova di dapatkan hasil F = 20,401 dengan p = 0,000 (p < 0,05) dan analisis post hoc mendapatkan hasil yang menunjukkan pola asuh demokratis dengan otoriter menunjukkan signifikansi sebesar 0,073, pola asuh demokratis dengan permisif sebesar 0,000, dan pola asuh otoriter dengan permisif sebesar 0,030. Artinya ada perbedaan kemandirian remaja ditinjau dari persepsi terhadap pola asuh orangtua pada siswa SMP Negeri 3 Teras Boyolali berdasarkan pola asuh demokratis dengan otoriter, pola asuh demokratis dengan permisif, dan pola asuh otoriter dengan permisif. Pola asuh demokratis merupakan tipe pola asuh orangtua yang memiliki kemandirian anak paling baik. Saran bagi siswa agar mempertahankan kemandirian yang telah dimiliki dan bagi orangtua diharapkan dapat membantu menjaga kemandirian yang telah dimiliki anak dengan cara menjalin komunikasi yang efektif dengan anak, dan menciptakan suasana yang harmonis antar anggota keluarga agar anak lebih bersikap terbuka terhadap orangtua.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian, pola asuh demokratis, pola asuh otoriter,pola asuh permisif. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General) |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | IKHA JUNIANTI A |
Date Deposited: | 05 Aug 2015 02:33 |
Last Modified: | 11 Oct 2021 14:46 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/36112 |
Actions (login required)
View Item |