’INAYATI , NUR (2009) PENDIDIKAN EMOTIONAL QUOTIENT (EQ) DAN SPIRITUAL QUOTIENT (SQ) PADA EKSTRA KURIKULER PRAMUKA DI PPMI ASSALAAM TAHUN 2004/2005. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
G000970033.pdf Download (173kB) |
|
PDF
G000970033.pdf Restricted to Repository staff only Download (551kB) |
Abstract
Pramuka adalah suatu proses pendidikan dalam bentuk kegiatan yang menyenangkan bagi anak-anak dan pemuda di bawah tanggungjawab orang dewasa, yang dilaksanakan di luar lingkungan pendidikan sekolah dan keluarga yang menggunakan prinsip dasar metodik pendidikan kepramukaan. Pramuka juga sebagai wadah pembentukan disiplin bagi anggotanya. PPMI Assalaam adalah sebuah pesantren yang mempunyai visi untuk mewujudkan santrinya menjadi insan yang memiliki keseimbangan Spiritual, Intelektual dan moral menuju generasi ulul albab yang berkomitmen tinggi terhadap kemaslahatan umat dengan berlandaskan pengabdian kepada Allah swt. Untuk mencapai visi tersebut PPMI Assalaam mengadakan kegiatan pramuka sebagai sarana untuk mengembangkan mental, moral, spiritual dan fisiknya, dan juga sebagai sarana untuk menjadikan santrinya berkepribadian baik, berwatak dan berbudi pekerti luhur, beriman dan bertaqwa kepada Allah swt, kuat mental dan tinggi moral dan kecerdasannya juga kuat dan sehat jasmaninya. Adapun permasalahan dalam skripsi ini adalah : 1. Bagaimana pelaksanaan pendidikan Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) pada ekstra kurikuler pramuka di PPMI Assalaam tahun 2004/2005 2. Apa faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) pada ekstra kurikuler pramuka di PPMI Assalaam tahun 2004/2005 Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui pelaksanaan pendidikan Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) pada kegiatan pramuka dan juga faktor-faktor pendukung dan penghambat pada kegiatan pramuka di PPMI Assalaam. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode wawancara untuk memperoleh data tentang pelaksanaan pendidikan Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) pada ekstra kurikuler pramuka di PPMI Assalaam, sedang dengan observasi untuk memperoleh data secara langsung letak geografis, keadaan gedung, fasilitas pondok serta pelaksanaan pendidikan Emotional Quotient (EQ) dan Spiritual Quotient (SQ) pada ekstra kurikuler pramuka di PPMI Assalaam, sedang dokumentasi untuk memperoleh data sejarah berdiri, keadaan santri, ustadz dan direktur, serta keadaan sarana dan prasarana di PPMI Assalaam. Dari data tersebut penulis menganalisis dengan pendekatan diskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat disimpulkan bahwa kegiatan pramuka dilaksanakan satu minggu sekali dilaksanakan pada hari Sabtu (untuk santriwati) pada jam 16.00 – 17.00. Dalam kegiatan tersebut seorang Pembina akan mengarahkan santri untuk selalu belajar dan selalu mendorong peserta untuk memecahkan masalah-masalah yang terjadi di lingkungannya dan penerapan pada pendidikan spiritual santri dengan cara mendekatkan pada alam sehingga kegiatan pramuka kadang dilaksanakan di alam terbuka di luar Pondok. Santri diajak untuk merenungi diri dan alam sekitarnya, dan juga pada penerapan hukuman yang tidak bersifat fisik tapi lebih banyak yang bersifat penggalian kecerdasan seperti dengan mencari ayat al-Qur’an atau Hadits yang berhubungan dengan suatu masalah dan kemudian menghafalkan dan menelaahnya, hal ini dilakukan ini untuk menjadikan santrinya menjadi insan yang seimbang moral, spiritual dan intelektualnya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | emotionla quotient, spiritual quotient, ekstra kulikuler |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mr. Edy Suparno |
Date Deposited: | 16 Jul 2009 08:51 |
Last Modified: | 28 Oct 2011 04:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/3608 |
Actions (login required)
View Item |